Find Us On Social Media :

D-Link DCS-4602EV: Kamera Pengintai yang Tangguh untuk Aneka Cuaca

By Dayu Akbar, Kamis, 10 Mei 2018 | 01:16 WIB

D-Link DCS-4602EV adalah sebuah kamera IP dome yang memiliki desain membulat. Kamera ini masuk ke lini Vigilance yang memiliki tingkat ketangguhan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, D-Link DCS-4602EV memiliki bodi yang tangguh yang cocok untuk pemasangan di luar ruangan, tahan cuaca, serta tahan terhadap aksi vandalisme. Kamera IP ini juga telah memiliki sertifikasi IP66. Perangkat tersebut bisa digunakan untuk membantu melindungi rumah maupun kantor Anda. Bodinya tergolong berkualitas dengan material logam yang tebal dan cukup berat. Untuk melindungi kamera yang terpasang, terdapat sebuah kaca berbentuk kubah. Kaca ini juga memiliki ketebalan yang cukup lumayan untuk menghindarinya dari aksi perusakkan. D-Link DCS-4602EV memiliki kemampuan merekam video sampai resolusi Full HD (1.920 x 1.080 pixel) dengan frame rate 30 frame per detik melalui sensor CMOS 1/3 inci yang dimilikinya. Lensa yang terpasang memiliki diafragma f/1,8 yang cukup terang untuk merekam gambar dalam berbagai kondisi. Lensa ini memiliki sudut pandang horizontal selebar 96 derajat yang walaupun tak terlalu lebar, sudah cukup lumayan untuk merekam suasana sekitar. Kamera tersebut juga memiliki fungsi pan dan tilt dengan radius gerakan 60 derajat vertikal dan 350 derajat horizontal. Untuk membantu perekaman dalam kondisi cahaya minim, D-Link DCS-4602EV juga dilengkapi dengan deretan lampu LED merah infra yang mengelilingi lensa kameranya dan memiliki jangkauan sampai dua puluh meter. Fungsi night mode yang memanfaatkan merah infra akan aktif secara otomatis apabila kamera mendeteksi situasi cahaya minim. Lalu kamera IP ini juga memiliki fitur 3D noise reduction untuk mengurangi noise yang dihasilkan saat kamera harus merekam pada kondisi gelap. Gambar yang ditampilkan pun lebih tajam. D-Link DCS-4602EV memiliki sebuah konektor untuk daya dan dan sebuah konektor jaringan RJ45 yang mendukung kecepatan maksimal seratus megabit per second. Port LAN tersebut juga mendukung PoE (power over ethernet) untuk memudahkan Anda dalam pemasangannya.

Untuk memasang perangkat ini ke jaringan, Anda bisa melakukan konfigurasi secara manual atau menggunakan wizard yang disediakan D-Link. Aplikasi tersebut akan membantu Anda dalam melakukan konfigurasi awal seperti mengganti alamat IP agar dapat digunakan di jaringan Anda. Halaman utama antarmuka D-Link DCS-4602EV akan menampilkan tampilan live video beserta kontrol seperti pan, tilt, dan digital zoom. Melalui panel kontrol ini, Anda juga bisa melakukan beberapa konfigurasi lain seperti pengaturan resolusi video, serta pengaturan lokasi penyimpanan ke NAS. Lalu, kamera IP ini juga mendukung fungsi motion detection yang area pantaunya bisa diatur. Apabila terjadi sebuah kejadian, kamera IP ini juga bisa mengirimkan notifikasi melalui surel (e-mail) dan melakukan perekaman secara otomatis.

Bodi kamera IP ini menggunakan bahan yang tangguh untuk pemasangan di luar ruangan serta tah

Kesimpulan

D-Link DCS-4602EV memiliki bodi yang tangguh untuk dipasang di luar ruangan. Selain itu, kameranya juga memiliki kemampuan untuk merekam video Full HD yang kualitasnya terbilang bagus dan dilengkapi pula dengan LED merah infra serta fitur 3D noise reduction untuk mengurangi noise pada kondisi cahaya minim. (I.Setiawan)

Plus: Bodi tangguh, desain ringkas, dukung resolusi 1.920 x 1.080 pixel, lulus sertifikasi IP66.

Minus: Sudut pandang lensa kurang luas.

Spesifikasi

Resolusi video Maksimal 1.920 x 1.080 pixel (30 frame per detik)
Codec video Maksimal 1.920 x 1.080 pixel (30 frame per detik)
Mikropon Tidak ada
Koneksi LAN 100 Mbps (PoE)
Garansi 3 tahun
Situs www.d-link.co.id
Harga (kisaran) Rp4.463.000