Find Us On Social Media :

Google I/O 2018: Google Tambah Fitur Canggih ke Google Assistant

By Adam Rizal, Kamis, 10 Mei 2018 | 10:00 WIB

Google Assistant

Google resmi memperbarui kemampuan fitur Google Assistant-nya dalam ajang konferensi pengembang tahunan Google I/O 2018 di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, Amerika Serikat (AS).

Kini Google Assistant terbaru memiliki fitur yaitu fitur untuk mengajarkan sopan santun kepada anak-anak, kemampuan untuk berbincang-bincang, dan kemampuan untuk membuat panggilan atas nama penggunanya.

"Saya ingin Google Assistant lebih alami dan nyaman untuk ngobrol. Pengguna bisa mengobrol dengan Google Asisstant tanpa harus kembali mengucapkan "Hey Google" untuk memulai tiap perintah," kata Sundar Pichai (CEO Google) seperti dikutip The Verge.

Pengguna pun bisa menggunakan Google Assistant untuk melakukan reservasi di salon atau dokter. Google pun memutar video demo yang memperlihatkan Google Assistant dapat membuat panggilan, berbincang-bicang, dan membuat reservasi di salon.

Hebatnya, Google Assistant juga menggunakan kalender untuk menentukan tanggal pemesanan. Google Assistant juga memiliki teknologi duplex yang memungkinkan pengguna bisa melihat informasi secara otomatis di Google Search tanpa perlu meminta Google Assistant membuat panggilan ke restoran atau dokter praktik. Uniknya, Google Assistant juga memiliki mode enam suara baru termasuk suara penyanyi John Legend.

"Suara Google Asisstant sangat mirip dengan kita dan tidak kaku. Pihak yang ditelepon tidak akan sadar dengan berbicara dengan 'manusia palsu'," ujarnya.

Kini Google Assistant mengajarkan sopan santun kepada anak-anak. Misal, Google Assistant bisa mengajarkan anak-anak menggunakan kata "tolong" dan "terima kasih".Google Assistant juga akan mengucapkan terima kasih kepada anak-anak yang telah mengucapkan "tolong" saat memberikan perintah kepada asisten cerdas tersebut.

Google mengatakan Google Assistant sudah bisa digunakan di lebih dari 5.000 perangkat dan 1.500 terhubung pada Januari 2018. Google Assistant pun telah mendukung lebih dari 30 bahasa dan tersedia di 80 negara pada akhir 201