Find Us On Social Media :

Harkulnas Sebagai Upaya Go-Food Mendukung UMKM di Indonesia

By Rafki Fachrizal, Kamis, 10 Mei 2018 | 18:56 WIB

Apa itu Harkulnas? Harkulnas (Hari Kuliner Nasional) merupakan pesta kuliner raksasa pertama di Indonesia yang menghadirkan berbagai promo menarik di layanan GO-FOOD, rekan usaha GO-PAY dan GO-FOOD Festival.

Tahun 2018 merupakan tahun perdana Harkulnas diselenggarakan oleh GO-FOOD di mana kegiatan ini berlangsung di beberapa kota di Indonesia dengan melibatkan lebih dari 7.000 merchant yang berpartisipasi.

“Kami ingin mendukung UMKM di Indonesia dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merasakan keberagaman kuliner di Indonesia. Harkulnas dirayakan secara offline dan online, dengan menghadirkan promo mulai dari diskon hingga cashback dibeberapa merchant yang ada di Go Food Festival,” kata Michael Say, selaku VP Corporate Communication Go-Jek, di Jakarta.

Harkulnas sendiri sudah berlangsung sejak 5 Mei dan akan berakhir pada 13 Mei 2018. Kedepannya, Go-Food berkomitmen untuk mengadakan perayaan ini rutin setiap tahunnya. Karena ini juga sebagai salah satu wujud merayakan keberagaman kuliner yang ada di Indonesia.

GBK Go-Food Festival

GBK Go-Food Festival

Melalui GBK Go-Food Festival, Go-Food ingin membantu mitra UMKM untuk semakin mempersiapkan dan memperkuat pondasi mereka sebagai merchant kuliner dengan menyediakan ekosistem merchant kuliner offline mulai dari store hingga sistem pembayaran selama 1 tahun di GBK. Tercatat puluhan merchant kuliner terbaik Jabodetabek hingga luar Pulau Jawa telah terpilih untuk bergabung dalam festival ini.

Untuk merchant luar Jabodetabek yang ikut berpatisipasi dalam festival ini berjumlah 12 merchant, diantaranya berasal dari kota Pontianak, Palembang, Lampung, Bandung, Cirebon, Karawang, Malang, Surabaya, Bogor, dan Yogyakarta.

Untuk dapat menikmati kuliner di Festival ini, pengunjung wajib melakukan transaksi dengan menggunakan Go-Pay via QR Code. Karena terbilang lebih praktis, otomatis ini akan lebih memudahkan pengunjung dibandingkan melakukan transaksi secara tunai. “Dengan metode pembayaran seperti ini, kita ingin mendorong penggunaan transaksi secara cashless,” ucap Michael.

Beberapa Merchant yang ada di GBK Go-Food Festival

Michael juga menjelaskan, bahwa pemilihan merchant yang dapat bergabung pada Festival ini dilakukan berdasarkan analisis big data yang telah dilakukan tim Go-Food.

“Pemilihan merchant yang ada di lokasi GBK sendiri tentunya Go-Food menggunakan matrix dan variable-variabel tertentu untuk memastikan bahwa merchant yang dihadirkan merupakan merchant-merchant terbaik dari Go-Food.”

Untuk saat ini, sudah terdapat 60 merchant yang ada di GBK Go-Food Festival dan ditargetkan kedepannya akan ada 100 merchant yang ikut berpatisipasi di festival ini.