Find Us On Social Media :

D-Link DWL-8610AP: Tawarkan Kemudahan dengan Unified Wireless

By Dayu Akbar, Minggu, 13 Mei 2018 | 16:00 WIB

Penggunaan perangkat jaringan dalam jumlah yang besar membuat Anda membutuhkan strategi atau metode yang tepat untuk mengelolanya. Jika tidak, Anda mungkin bisa mengalami kerepotan apabila ada salah satu perangkat tersebut yang mengalami masalah.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola perangkat jaringan dalam jumlah besar, D-Link menyediakan solusi unified wireless. Solusi ini membuat Anda lebih mudah dalam mengelola banyak perangkat dalam satu jaringan besar. Anda hanya perlu mengatur seluruh perangkat yang terhubung tersebut melalui satu titik dan mengaplikasikannya ke seluruh perangkat yang terpasang. Kemudian, solusi ini juga memudahkan Anda dalam mendeteksi posisi perangkat yang bermasalah.

Solusi unified wireless dari D-Link saat ini telah didukung oleh banyak perangkat, salah satunya adalah DWL-8610AP. Perangkat ini adalah sebuah access point dengan kapasitas besar yang diposisikan untuk penggunaan dalam ruangan. Bodinya memiliki ukuran yang cukup besar dan didesain untuk pemasangan pada dinding atau plafon. Dalam paketnya pun, D-Link telah menyediakan dudukan serta aksesori pendukung untuk pemasangan pada dinding atau plafon.

D-Link DWL-8610AP merupakan sebuah access point dengan pita ganda, 2,4 GHz dan 5 GHz. Access point ini memiliki kecepatan maksimal yang diklaim mencapai 1.750 Mbps. Kecepatan tersebut terbagi menjadi 450 Mbps pada pita 2,4 GHz, dan 1.300 Mbps pada pita 5 GHz jika Anda memanfaatkan koneksi 802.11ac. Sayangnya access point ini belum mendukung teknologi MU-MIMO untuk distribusi bandwidth yang lebih merata saat melayani banyak koneksi.

Sementara untuk koneksi dengan kabel, D-Link DWL-8610AP memiliki dua port LAN yang semuanya sudah mendukung gigabit. Port pertama merupakan port LAN biasa, sedangkan port LAN satunya mendukung PoE (power over ethernet) sehingga Anda memiliki fleksibilitas dalam memilih suplai daya untuk access point ini. Di dalam paketnya, D-Link telah menyediakan adapter daya. Jika ingin menggunakan PoE agar lebih ringkas, Anda perlu membelinya secara terpisah.

Selain itu masih ada juga sebuah port LAN di bagian atasnya yang berfungsi sebagai port console. Kecuali Anda benar-benar ingin melakukan konfigurasi melalui telnet atau SSH, atau membutuhkan konfigurasi yang tidak dapat dilakukan melalui panel kontrol webnya, port console ini mungkin akan sangat jarang digunakan.

Soal kinerjanya, D-Link DWL-8610AP memiliki kinerja yang cukup baik. Kinerjanya cukup lumayan untuk melayani sebuah jaringan berukuran menengah sampai besar dengan jumlah klien yang cukup banyak. Saat pengujian, access point ini mampu mencatatkan kecepatan rata-rata sekitar 59,4 Mbps pada pita 2,4 GHz dan 435 Mbps pada pita 5 GHz.

D-Link DWL-8610AP menyediakan koneksi nirkabel pita ganda dengan kecepatan maksimal sampai 1.750 Mbps.

Terdapat port LAN yang berfungsi sebagai console untuk konfigurasi melalui terminal.

Kesimpulan

D-Link DWL-8610AP adalah sebuah access point yang cukup mumpuni untuk jaringan bisnis yang berukuran menengah. Dukungan unified wireless pada perangkat ini juga memudahkan saat Anda harus mengelola perangkat tersebut dalam jumlah yang besar. (I.Setiawan)

Plus: Ringkas, konfigurasi mudah, kinerja baik, mendukung unified wireless.

Minus: Tanpa PoE injector dalam paketnya.

Spesifikasi

Standar 802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor 2 x LAN 1 Gbps
Modus operasi Wireless access point, WDS, universal repeater
Kecepatan transfer data 450 Mbps (2,4 GHz 802.11b/g/n) + 1.300 Mbps (5 GHz 802.11ac)
Fitur MAC address filter, multiple SSID, VLAN
Kelengkapan Power adapter, manual, mounting kit
Situs www.dlink.com
Garansi 1 tahun
Harga Rp11.431.000