Find Us On Social Media :

KBI2018: Melihat Potensi Besar dari Teknologi Big Data Saat Ini

By Rafki Fachrizal, Senin, 14 Mei 2018 | 12:30 WIB

Dunia sedang bergerak kearah revolusi industri ke 4 yang dicirikan oleh perpaduan teknologi yang mengaburkan batas antara fisik, digital, dan biologis. Hal ini ditandai dengan munculnya terobosan teknologi di sejumlah bidang, termasuk robotika, kecerdasan buatan, blockchain, IoT dan lain sebagainya. Salah satu hal yang penting yang melandasi terobosan teknologi tersebut adalah pengolahan dan pemanfaatan data yang masif.

Data bukan lagi sekedar faktor pelengkap, namun telah menjadi sebuah senjata yang ampuh. Persaingan di berbagai bidang dimenangkan dengan data. Kita menyaksikan perubahan peta bisnis di banyak sektor, misalnya gonjang-ganjingnya bisnis ritel di tengah semakin maraknya penyedia layanan belanja online, beralihnya pengguna transportasi tradisional ke layanan online, merupakan contoh keunggulan kompetitif teknologi dan data. Bahkan sebuah skandal besar yang melibatkan Facebook baru-baru ini menunjukkan bahwa pertarungsn politik ternyata dimenangkan oleh data.

Indonesia sebagai negara yang besar memiliki potensi sebagai penghasil dan pengguna data yang sangat besar pula. Dari sisi wilayah dan sumber daya alam, pengawasan dan pengelolaan yang efektif memerlukan dukungan dengan teknologi dan pengelolaan data yang kuat. Dari sisi ekonomi, penduduk Indonesia yang besar menjadi pasar strategis bagi berbagai produk dunia, maupun produk dalam negeri sendiri. Disamping itu banyak industri baru atau startup yang berbasis data maupun teknologi big data serta artificial intelligence yang bermunculan, termasuk juga di Indonesia.

idBigData, komunitas Big Data Indonesia yang selalu berkomitmen untuk memasyarakatkan dan mendorong penguasaan teknologi big data untuk memajukan bangsa Indonesia, kembali menyelenggarakan Konferensi Big Data Indonesia untuk ke 4 kalinya. Konferensi tahun ini merupakan kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Event yang diselenggarakan pada tanggal 12-13 Mei kemarin ini berlangsung di Balai Kartini, Jakarta. Tema yang diangkat oleh KBI2018 adalah Big Data dan Artificial Intelligence: Menggali Potensi Memperkuat Inovasi.

Untuk memberikan gambaran dan pemahaman yang menyeluruh kepada masyarakat mengenai kondisi terkini, peluang, dan tantangan big data di Indonesia. KBI2018 menghadirkan pembicara-pembicara terkemuka dalam teknologi big data, AI dan pemanfaatan data dari kalangan bisnis, akademisi maupun pemerintahan.

Topik yang disajikan mulai dari perkembangan teknologi big data dan AI secara praktis maupun ilmiah, berbagai inisiatif data nasional seperti Satu Data Indonesia dan Satu Peta Indonesia, pemanfaatannnya dalam bisnis perbankan, e-commerce dan transportasi, dan lain sebagainya.

Suasana Pameran di Konferensi Big Data Indonesia 2018

KBI2018 cukup istimewa karna diselenggarakan bersamaan dengan International Workshop on Big Data and Information Security (IWBIS) 2018, yaitu forum ilmiah internasional yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Dalam pagelaran tersebut, diadakan pula training singkat (crash course) mengenai beberapa topik menarik yang berkaitan dengan teknologi big data maupun AI. Selain itu, ada pula pameran teknologi dari perusahaan dan universitas yang mengimplementasikan big data dan AI pada teknologinya tersebut.