Find Us On Social Media :

Ubiquiti UniFi AC Mesh Pro AP: Access Point Daya Jangkau Luas

By Dayu Akbar, Rabu, 16 Mei 2018 | 16:00 WIB

Jika Anda sedang mencari sebuah access point luar ruangan yang berdaya jangkau luas untuk menyediakan koneksi nirkabel atau menghubungkan dua jaringan yang berbeda dalam jarak yang jauh, Ubiquiti memiliki access point UniFi AC Mesh Pro AP. Perangkat ini bisa dipassang di luar ruangan serta memiliki koneksi nirkabel berdaya jangkau luas.

Ubiquiti UniFi AC Mesh Pro AP memiliki bentuk kotak dengan ukuran yang besar dan pipih. Diposisikan untuk penggunaan di luar ruangan, access point ini dapat langsung dipasang di luar ruangan tanpa memerlukan enclosure tambahan. Bodinya menggunakan bahan plastik kuat dan tebal sehingga tahan menghadapi berbagai cuaca.

Selain itu di bagian belakangnya juga terdapat dudukan untuk memasangkan access point ini. Ubiquiti UniFi AC Mesh Pro AP bisa dipasang di tiang maupun dinding dengan dudukan tambahan. Dudukan tambahan berserta baut-bautnya telah disediakan pula dalam paketnya.

Ubiquiti UniFi AC Mesh Pro AP memiliki dua port LAN yang tersembunyi di bagian belakangnya. Kedua port LAN tersebut telah mendukung kecepatan gigabit. Port LAN pertama merupakan port LAN untuk data yang juga merangkap untuk menerima suplai daya melalui PoE (power over ethernet). Anda bisa menggunakan switch yang mendukung PoE 802.3af atau meggunakan adapter PoE yang juga disertakan dalam paket. Sementara port LAN kedua berfungsi sebagai bridge untuk menghubungkan perangkat ini dengan perangkat jaringan lainnya.

Access point ini mendukung koneksi nirkabel pinta ganda 2,4 GHz dan 5 GHz. Ubiquiti UniFi AC Mesh Pro AP memiliki kecepatan teoritis total sampai 1.750 Mbps. Pada pita 2,4 GHz, access point ini memiliki kecepatan teoritis maksimal 450 Mbps, sedangkan pada pita 5 GHz, kecepatan teoritis maksimalnya adalah sebesar 1.300 Mbps.

Untuk melakukan konfigurasi access point ini, Anda perlu melakukan instalasi aplikasi UniFi Controller. Komputer yang terpasang aplikasi ini akan menjadi pusat kontrol untuk mengelola Ubiquiti UniFi AC Mesh Pro AP dan juga perangkat lain yang mendukung aplikasi serupa. Untuk mengelola access point ini dari luar melalui cloud, Anda perlu membuat akun saat konfigurasi awal.

Ubiquiti UniFi AC Mesh Pro AP mempunyai kinerja yang cukup baik. Saat diuji, kami mendapatkan kecepatan rata-rata sekitar 173,21 Mbps saat digunakan pada pita 2,4 GHz. Sementara pada pita 5 GHz, kami mendapatkan kecepatan rata-rata sekitar 267,84 Mbps. Yang kami suka pada access point ini adalah daya jangkaunya yang luas sehingga mampu menjangkau jarak yang lumayan. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan perangkat ini untuk menghadirkan koneksi nirkabel di ruangan terbuka seperti taman atau ruang publik lainnya.

Ubiquiti UniFi Mesh Pro AP mempunyai 2 port LAN gigabit, 1 untuk data dan PoE, 1 lagi untuk bridge.

Kontrol dan konfigurasi perangkat ini semuanya dilakukan melalui aplikasi UniFi Controller.

Kesimpulan

Ubiquiti UniFi AC Mesh Pro AP memiliki kinerja yang cukup baik. Selain itu, access point ini juga mampu menghasilkan kecepatan yang konsisten. Bodinya yang tahan cuaca membuat Ubiquiti UniFi AC Mesh Pro AP bisa menjadi pilihan yang sangat menarik jika Anda mencari sebuah access point luar ruangan yang berkualitas dan berkinerja baik. (I. Setiawan)

Plus: Kinerja stabil, daya jangkau luas, bodi tangguh, ada aplikasi manajemen jaringan, fitur lengkap, bracket tambahan lengkap.

Minus: Tanpa antena eksternal, konfigurasi wajib menggunakan aplikasi UniFi Controller, dokumentasi aplikasi agak membingungkan.

Spesifikasi

Standar 802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor 2 x LAN 1 Gbps (dukung PoE)
Kecepatan 450 Mbps (2,4 GHz) + 1.300 Mbps (5 GHz)
Fitur MAC address filter, multiple SSID, VLAN, cloud access, network mapping
Kelengkapan Power adapter, PoE injector, manual, bracket tambahan
Situs www.ubnt.com
Kisaran harga Rp2.699.000