Find Us On Social Media :

Tingkatkan Kualitas Kamera, Xiaomi Bikin Divisi Kamera Khusus

By Adam Rizal, Rabu, 16 Mei 2018 | 12:00 WIB

Xiaomi Dual Camera

Kamera adalah salah satu komponen terpenting di dalam sebuah smartphone karena pengguna kerap mengabadikan momen seru setiap saat. Bahkan, para vendor smartphone terus mengembangkan kualitas dan kemampuan kamera smartphonenya untuk bisa setara dengan kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless.

Karena itu, Lei Jun (CEO Xiaomi) telah membentuk divisi kamera untuk meningkatkan kualitas kamera smartphone Xiaomi supaya bisa sejajar dengan kamera smartphone flagship milik Apple, Samsung dan Huawei. Hal itu terungkap dari bocoran email internal perusahaan kepada para manajemen Xiaomi.

"Fotografi adalah salah satu fitur paling penting dari smartphone modern. Divisi ini akan membuat Xiaomi Mi dan Redmi dapat bersaing dengan smartphone premium," katanya seperti dikutip Gizmochina.

Lei Jun tidak mengungkapkan siapakan kompetitor Xiaomi di segmen kamera smartphone tetapi Google, HTC, Samsung, dan Apple yang rutin bercokol di urutan teratas ranking DXO Mark, lembaga independen yang mengukur kualitas kamera dari berbagai aspek.

Xiaomi Mi Mix 2S sendiri merupakan smartphone kamera ganda pertama Xiaomi dalam seri Mix. Xiaomi Mi Mix 2S sukses mendapatkan skor tinggi berdasarkan penilaian DXO Mark yaitu skor skor akhir 97 dan skor foto 101. Hasil penilaian itu membuat kualitas kamera Xiaomi Mi Mix 2S setara dengan kamera iPhone X. Saat ini puncak klasemen DXO Mark dikuasai Huawei dengan P20 Pro (skor 109) dan P20 (skor 102).

"Divisi khusus ini akan meningkatkan kualitas gambar kamera Xiaomi menjadi lebih baik lagi," ujarnya.

Di luar smartphone, Xiaomi mendukung perusahaan startup lain Yi yang membuat aneka macam produk kamera stand alone, termasuk tipe action camera dan mirrorless.