Find Us On Social Media :

Facebook Mulai Pasang Iklan Video 15 Detik di Facebook Stories

By Adam Rizal, Minggu, 20 Mei 2018 | 13:00 WIB

Ilustrasi Facebook Stories

Facebook untuk mencari sumber pemasukan lainnya dari layanan platformnya termasuk Facebook Stories. Facebook pun mulai melakuka uji coba iklan pada Facebook Stories di Amerika Serikat (AS), Meksiko dan Brasil.

Facebook harus memanfaatkan sumber bisnis dari Facebook Stories mengingat jumlah pengguna Facebook Stories sudah mencapai 150 juta pengguna aktif harian dan ada 300 juta pengguna paltform tersebut.

"Iklan Stories memiliki prospek yang cerah seperti Instagram. Kami yakin bisa melakukan hal yang sama dengan Facebook," kata Zoheb Hajiyani (Product Manager Facebook) seperti dikutip Tech Crunch.

Chris Cox (Chief Product Officer Facebook) memprediksi para pengguna bakal lebih banyak berbagi pesan lewat Stories pada tahun depan, daripada memposting di News Feed Facebook.

Saat ini iklan yang tampik di Facebook Stories masih berupa video berdurasi lima hingga 15 detik dan pengguna bisa melewati pengguna. Nantinya, Facebook akan mengizinkan pengiklan memperluas iklannya dari Instagram Stories ke Facebook Stories.

Selain itu, Facebook akan memformat ulang iklan di News Feed dengan warna yang menarik dengan batasan dan teks di bagian bawah. Facebook juga akan menambahkan fitur matriks untuk mengukur berapa banyak orang yang tertarik dengan iklan di Facebook Stories.

Facebook juga memaparkan jumlah pengguna WhatsApp Status yang fungsinya mirip-mirip Stories. Jumlah pengguna WhatsApp Status menembus angka 450 juta harian, paling banyak diantara "saudaranya" yang lain.

3 Fitur Terbaru

Facebook meluncurkan tiga fitur terbaru untuk Facebook Stories yaitu fitur pesan suara di Facebook Stories, fitur arsip, dan fitur penyimpanan foto serta video di komputasi awan (cloud) Facebook.

Fitur pesan suara memungkinkan pengguna bisa mengunggah postingan berupa audio dengan latar belakang warna atau foto dari galeri perangkat. Anda pun bisa menghias Stories dengan stiker favorit, teks, atau doodle.

"Fitur ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang kurang percaya diri di depan kamera, kualitas kamera rendah, atau tidak ada stok foto yang menarik untuk story," kata Connor Hayes (Director of Stories Facebook).

Facebook juga menghadirkan fitur "Archieve" atau arsip mirip Instagram di Facebook Story. Dengan fitur arsip, pengguna bisa menyimpan Facebook Stories favoritnya secara otomatis setelah 24 jam.

Terakhir, fitur penyimpanan foto dan video dapat membantu pengguna untuk menghemat storage smartphone, terlebih ponsel entry-level yang hanya menyediakan media penyimpanan berkapasitas kecil.

"Kami selalu bekerja keras untuk meningkatkan pengalaman melihat Stories di semua jenis koneksi (internet)," ucapnya.