Find Us On Social Media :

Teknologi Dimension Data Selamatkan Nyawa Badak dan Gajah di Afrika

By Adam Rizal, Selasa, 22 Mei 2018 | 17:00 WIB

Teknologi Dimension Data

Ratusan pemasok dan kontraktor, staf, pihak keamanan serta turis keluar dan masuk cagar alam dan taman nasional di seluruh dunia setiap harinya. Sayangnya, kegiatan itu tidak dimonitor karena cagar alam tersebut berada di lokasi yang cukup jauh dengan infrastruktur IT dan kontrol akses yang lemah, proses keamanan manual serta komunikasi yang sangat terbatas.

Karena itu, perusahaan teknologi global Dimension Data dan Cisco mengembangkan program anti-perburuan untuk melindungi satwa badak dan membantu perlawanan terhadap peningkatan perburuan gajah di padang rumput Afrika.

Sebelumnya, kedua perusahaan itu telah sukses menginstal beberapa teknologi tercanggih di dunia ke dalam cagar alam yang bersebelahan dengan Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan.

Bruce Watson (Dimension Data Group Executive) mengatakan banyak perusahaan berkomitmen untuk melindungi satwa melalui beragam inisiatif yang reaktif seperti memotong cula, atau memasukkan sensor kedalam cula tersebut dan dibawah lapisan kulitnya. Sayangnya, ketika penjaga cagar alam telah tiba di lokasi, satwa tersebut sudah terbunuh dan cula badak atau gading gajahnya sudah dicuri.

"Dengan model “Connected Conservation”, teknologi ini mampu melindungi area cagar alam secara aktif dari manusia. Satwa tidak akan tersentuh dan mereka akan secara bebas berkeliaran," katanya dalam siaran persnya, Selasa.

Hasilnya, kolaborasi teknologi Dimension Data dan Cisco membuat jumlah perburuan badak telah mengalami penurunan hingga mencapai 96 persen. Bahkan, tidak ada satu pun badak yang diburu di dalam cagar alam pada 2017.

Cisco dan Dimension Data memiliki visi untuk mengulangi kesuksesan yang telah dicapai di Afrika Selatan, Afrika dan area global lainnya untuk melindungi segala jenis satwa langka termasuk singa, trenggiling, gajah, harimau di India dan Asia, dan juga hiu dan ikan pari di lautan.

"Kami juga melakukan kerjasama dengan pihak berwenang lokal dan komunitas memancing di Zambia untuk mengeluarkan sistem perizinan kegiatan memancing digital terpusat yang dapat memonitor individu yang mengaku sebagai nelayan namun ternyata adalah pemburu," ujar Watson.

Karen Walker (Cisco Senior Vice President and Chief Marketing Officer) mengatakan teknologi telah memberikan kita kemampuan untuk mengubah dunia – bukan besok, bukan suatu hari. Cisco mendedikasikan untuk membuat perubahan dengan cara menghubungkan dunia dan melindungi satwa tertua serta langka dengan beberapa konektivitas teknologi yang mutakhir.

"Melalui kerjasama dengan Dimension Data, kami telah membangun jaringan aman dan terpercaya yang mampu beroperasi hingga 24 jam setiap hari di seluruh cagar alam yang berada di Afrika Selatan dan Afrika. Kami dengan ini sangat bangga menjadi bagian dari pengembangan “Connected Conservation” di Afrika, untuk menyelamatkan satwa-satwa yang hampir punah," pungkasnya.