Find Us On Social Media :

Apple Mulai Produksi Prosesor Apple A12 untuk iPhone Terbaru

By Adam Rizal, Kamis, 24 Mei 2018 | 12:30 WIB

Ilustrasi chipset A12 dengan pabrikasi 7 nm

Rekan manufaktur Apple, Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) telah mulai memproduksi prosesor A12 yang akan menjadi chip prosesor iPhone terbaru.

Rencananya, Apple akan meluncurkan iPhone terbaru dengan chip A12 pada pertengahan tahun ini.

Chip A12 akan memiliki desain 7 nanomenter yang membuat kinerja prosesor itu menjadi lebih cepat dan lebih efisien daripada chip 10 nanometer yang ada pada perangkat iPhone sekarang.

Chip A12 dapat membantu iPhone terbaru menjalankan aplikasi lebih cepat dan membuat daya baterai lebih tahan lama. Kedua keunggulan itulah yang membedakan A12 dengan prosesor pada kompetitornya.

Namun, Apple bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengembangkan chip 7 nanometer karena Samsung juga akan mulai memproduksi chip 7 nanomenter dengan metode litografi ultraviolet ekstrem.

Metode itu memungkinkan Samsung menanamkan komponen yang lebih kecil pada prosesor seperti dikutip The Verge.

Teknologi pabrikasi 7nm mengacu kepada kepadatan transistor pada chip, meskipun spesifikasi yang tepat dapat berbeda antar produsen.

Prosesor tercanggih yang digunakan pada smartphone saat ini di antaranya adalah Apple A11 Bionic dan Qualcomm Snapdragon 845 yang dibuat dengan proses 10nm.

Apple diperkirakan meluncurkan tiga model iPhone baru musim gugur ini dengan harapan pembaruan untuk iPhone X, varian berukuran Plus, dan perangkat dengan harga lebih murah dengan LCD 6,1 inci.

Apple menolak berkomentar terkait hal tersebut.