Find Us On Social Media :

LINE Hadirkan Chatbot yang Bisa Bantu Tingkatkan Ibadah Penggunanya

By Rafki Fachrizal, Sabtu, 26 Mei 2018 | 14:29 WIB

Tim LINE Indonesia

 

Perkembangan chatbot di Indonesia semaking berkembang. Tak heran, jika saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan chatbot guna memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.

Sekitar dua tahun lalu, Line telah membuka API agar para developer bisa mengembangkan chatbot mereka di platform messaging ini. Tak disangka, sejak itu banyak developer tertarik dan dalam satu tahun terakhir saja peningkatan chatbot di LINE meningkat hingga empat kali lipat.

Melihat chatbot adalah salah satu konten yang bisa diperkuat di LINE, pada momen Ramadhan tahun ini, LINE Indonesia pun terinspirasi untuk menghadirkan chatbot Ramadan yang ditujukan untuk memudahkan pengguna muslim di Indonesia dalam beribadah selama bulan Ramadan.

Chatbot Ramadan terbaru milik LINE tersebut bernama Marbot, yang berarti “Amalan Ramadan chatbot”. Chatbot ini dapat dengan mudah ditemukan pengguna pada akun resmi LINE Ramadan.

Marbot akan berinteraksi dengan pengguna LINE melalui konten seperti pengingat sholat, kultum harian, pesan inspiratif tentang Ramadan, serta promo harian untuk kegiatan berbuka puasa. Terdapat pula konten “Ramadan Hemat” dari LINE Shopping, serta pilihan permainan untuk ngabuburit dari LINE Games.

“Di bulan suci ini, kami ingin menjadi sahabat bagi para pengguna kami, dengan cara yang spesial dan bermakna dengan menjadi #TemanBerfaedah untuk mereka. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan fitur chatbot Ramadan, di mana kami dapat berkomunikasi dengan pengguna kami dengan cara yang menyenangkan, serta menyampaikan konten interaktif dan edukatif tentang bulan Ramadan,” ucap Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia.

Dengan semangat menjadi #TemanBerfaedah bagi pengguna, LINE juga menciptakan web series spesial Ramadan yang berjudul “Ramadhan Terakhir”. Web series ini akan hadir dalam empat episode dan tayang setiap minggu selama bulan Ramadhan tahun ini.

Tidak ketinggalan, LINE Indonesia juga turut menghadirkan serangkaian stiker-stiker menarik bertema Ramadan eksklusif. Menariknya, stiker ini bisa mengeluarkan suara ucapan bertema Ramadhan dan Perayaan Idul Fitri.