Find Us On Social Media :

Siapakah Penguasa Pasar Speaker Pintar di Dunia? Bukan Apple

By Adam Rizal, Selasa, 29 Mei 2018 | 15:00 WIB

Ilustrasi Google Home

Meskipun tidak sebesar basar smartphone, pasar speaker pintar (smart speaker) cukup menjanjikan dan permintaannya yang terus meningkat setiap tahunnya.

Firma riset Canalys mengungkapkan pengapalan speaker pintar secara global mencapai 9 juta unit dan naik 210 persen year-on-year pada kuartal pertama 2018.

Google sukses mengkudeta Amazon sebagai "raja" pasar speaker pintar global dengan pengapalan Google Home dan Home Mini mencapai 3,2 juta unit. Sedangkan, Amazon harus puas berada di posisi kedua dengan pengapalan Amazon Echo sebanyak 2,5 juta unit.

Kunci kesuksesan penjualan speaker pintar Google karena dapat memanfaatkan peluang bisnis pasar India dan Google pun menggandeng beberapa layanan provider di India untuk menjual Google Home dan Home Mini.

"Operator dan gerai cenderung memprioritaskan speaker pintar Google dibanding Amazon, karena Amazon berada di posisi sulit untuk menjadi kompetitor langsung tetapi Amazon memiliki keunggulan dalam aplikasi Alexa Skills dan integrasi perangkat smart home Amazon," kata Ben Stanton (Analis Canalys).

Di posisi ketiga, Alibaba yang sukses mengapalkan speaker pintar Tmall Genie sebanyak 1,1 juta unit dan Alibaba sukses menjadi pemimpin pasar speaker pintar di Tiongkok pada kuartal-I 2018, mengingat Alibaba sukses memanfaatkan momentum festival belanja "11.11" pada kuartal-IV tahun lalu.

Pangsa pasar speaker pintar di Tiongkok naik lebih dari 60 persen pada kuartal pertama tahun ini. Di posisi keempat, ada Xiaomi yang mulai merambah bisnis speaker pintar dengan pengapalan speaker Xiaoi AI lebih dari 600.000 unit.

Bagaimana dengan Apple?

Apple akan meluncurkan speaker pintar terbaru yaitu Beats dengan harga yang murah meriah, mengingat penjualan speaker pintar Apple HomePod kurang memuaskan. Banyak yang menyebut kurang suksesnya Apple HomePod karena harganya yang mahal dan Apple telat terjun ke pasar speaker pintar.

Saat ini Apple membanderol Apple HomePod senilai USD349 atau sekitar Rp4,9 jutaan, sangat mahal untuk ukuran speaker pintar. Karena itu, Appe akan membanderol speaker pintar terbarunya Beats senilai USD199 atau sekitar Rp2,8 jutaan seperti dikutip Phone Arena.

Pengapalan speaker pintar Apple HomePod sebanyak 600.000 unit dengan pangsa pasar 6 persen pada kuartal pertama 2018. Padahal, Strategy Analytic melaporkan total pengapalan speaker pintar sebanyak 9,2 juta unit pada kuartal pertama 2018.

Selain itu, kemampuan Siri juga dinilai tidak cukup pintar jika dibandingkan dengan Amazon Alexa dan Asisten Google.