Find Us On Social Media :

Gandeng BOE Technology, Huawei Bikin Layar Fleksibel OLED 8 Inci

By Adam Rizal, Rabu, 30 Mei 2018 | 15:30 WIB

Ilustrasi layar lipat BOE Technology

Smartphone layar fleksibel atau foldable phone akan menjadi tren di masa depan. 

Layar fleksibel atau layar yang dapat dilipat itu memberikan keuntungan berupa kelenturan dan kuat yang memungkinkan pengguna bisa menekuknya dan tidak perlu khawatir jika terjatuh.

Saat ini, vendor penyedia teknologi berlomba-lomba mengembangkan smartphone berlayar fleksibel. Salah satunya adalah Huawei yang menggandeng BOE Technology, perusahaan pertama di Tiongkok yang memiliki spesialisasi di panel datar. Huawei bermimpi untuk menjadi vendor smartphone dengan layar yang dapat dilipat pertama di dunia. BOE Technology telah memproduksi layar fleksibel sejak 2017 dan akan memproduksi panel layar fleksibel OLED 8 inci untuk foldable smartphone Huawei. Selain Huawei, BOE Technology juga menerima pesanan pembuatan empat purwarupa panel foldable untuk dua vendor smartphone berbeda seperti dikutip Phone Arena.

Ilustrasi layar lipat Huawei berteknologi BOE Technology

Bulan lalu, Huawei ingin mengalahkan Samsung untuk smartphone layar lipat pertama di dunia. Samsung akan meramaikan perlombaan smartphone foldable dengan meluncurkan Galaxy X pada awal 2019.

Samsung Galaxy X

Samsung telah menampilkan prototipe Galaxy X, smartphone layar lipat dan transparan ini. Galaxy X merupakan smartphone pertama Samsung yang bisa dilipat secara horizontal dengan kelengkungan 1.0R, berarti layar Galaxy X bisa dilipat dengan posisi ke dalam seperti kertas.

Saat layar dibentangkan, Galaxy X akan lebih tinggi dari Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 dan pemilik Galaxy X akan bisa menggunakan perangkat sebagai smartphone seperti dikutip Express.

Ketika dilipat, maka fungsinya akan lebih seperti tablet dan masih ada layar yang mudah untuk diakses. Kemungkinan besar, Galaxy X akan memiliki engsel di tengah dan dua layar di atas dan di bawahnya.

Samsung juga telah mengembangkan fitur perangkat lunak multi-jendela yang memastikan konten dapat muat di kedua layar atau di layar tanpa terdistorsi. Sejauh ini, banyak orang berpendapat bahwa Samsung akan menggunakan berbagai material plastik untuk memproduksi layar lipat tersebut.

Tak hanya dilipat, Galaxy X juga merupakan smartphone transparan dengan layar yang tembus pandang. Samsung pun sudah memiliki pengalaman dengan televisi transparan yang diluncurkan pada 2015, sehingga diperkirakan tidak akan menjadi kendala untuk "memindahkan" teknologi ke Galaxy X.

Galaxy X sudah mengantongi sertifikat dari Bluetooth SIG dan Badan Radio Nasional Korea Selatan. Kabar berhembus, smartphone dengan model nomor SM-G888N0 itu juga telah menerima sertifikat WiFi dari WiFi Alliance.