Find Us On Social Media :

Layar Transparan Xiaomi Mi 8 Explorer Edition, Asli atau Palsu?

By Adam Rizal, Minggu, 3 Juni 2018 | 10:00 WIB

Xiaomi Mi 8 Explorer Edition

Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone flagshipnya Xiaomi Mi 8 edisi Explorer yang menawarkan bodi belakang transparan untuk menampilkan komponen-komponen elektronik di dalamnya.

Namun, seorang pengguna Twitter Chengming Alpert mengklaim tampilan komponen-komponen elektronik Mi 8 Explorer di bagian belakang hanyalah sebuah stiker bukan tampilan komponen-komponen elektronik asli.

Ia pun menjelaskan alasan tampilan komponen-komponen elektronik Mi 8 Explorer adalah palsu. "Posisi S845 (chip Snapdragon) bukan pada tempatnya dan jarak peletakan antar komponen sangat renggang atau berjauhan satu sama lain, tidak ada graphite atau pipa/saluran/kabel untuk pembuangan panasnya," cuit Alpert.

Xiaomi pun langsung merespon kontoversi bodi transparan Xiaomi Mi 8 Explorer. "Bodi transparan Mi 8 Explorer Edition adalah layar kaca dan bukan stiker yang melapisinya. Komponen elektronik yang Anda lihat di atasnya adalah bagian dari mainboard smartphone tersebut," tulis Xiaomi dalam pernyataannya kepada The Verge.

Xiaomi Mi 8 Explorer Edition

Sumber pemasok mengungkapkan komponen-kompoen itu memang ditata dengan indah dan sempurna berbeda dengan penataan smartphone pada umumnya. Bisa saja, komponen-komponen elektronik yang berada di sekitar chip prosesor tidak berfungsi dan hanya sebagai penghias saja.

Menurut blog Xiaomi, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition menawarkan layar kaca hitam yang keren dan transparan serta memamerkan teknologi di dalamnya. Meskipun, Xiaomi pun mengklaim komponen-komponen elektronik yang terlihat di bagian atasnya adalah mainboard, itu tidak mencerminkan teknologi Mi 8 yang ada di dalamnya.

Xiaomi meluncurkan Xiaomi Mi 8 Explorer bersamaan dengan Mi 8 dan Mi 8 SE di Tiongkok. Smartphone premium Android itu menawarkan pemindai sidik jari di layar, fitur face lock 3D, notch atau "poni" di bagian atas dan bodi transparan.

Mi 8 Explorer mengusung layar 6.2 inci dengan resolusi full HD (2248 x 1080 pixel), Snapdragon 845, RAM 8GB dan media penyimpanan 128 GB serta antar muka MIUI 10 dan sistem operasi Android Oreo.

Xiaomi Mi 8 Explorer mengusung kamera ganda utama 12MP+12MP dengan salah satu lensa telephoto dan lainnya lensa wide-angle. Sedangkan, kamera depannya mengusung 20 MP. seperti dikutip Indian Express

Xiaomi membanderol perangkat itu senilai 3699 Yuan atau sekitar Rp7.9 jutaan.