Find Us On Social Media :

WWDC 2018 : Keren! Kini Apple Watch Bisa Dipakai Walkie Talkie

By Adam Rizal, Rabu, 6 Juni 2018 | 16:00 WIB

Watch OS 5

Dalam ajang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018, Apple juga mengumumkan pembaruan terbaru untuk sistem operasi Apple Watch. Dinamakan watchOS 5, sistem operasi ini menawarkan fasilitas unik berupa kemampuan Walkie Talkie. Fitur itu memungkinkan pengguna Apple Watch untuk mengirim dan menerima pesan suara secara cepat.

Walkie-Talkie adalah fitur pesan suara singkat yang bisa merekam atau mengirim pesan suara secara cepat. Si penerima nantinya akan mendapatkan notifikasi lalu bisa mendengar dan mengirimnya kembali secara cepat.

"WatchOS 5 menghadirkan fitur Walkie-Talkie. Cara yang menyenangkan dan mudah untuk berhubungan dengan teman dan keluarga," kata Kevin Lynch (VP Technology Apple) seperti dikutip The Verge.

Sebenarnya, fitur Walkie-Talkie adalah fitur Audio FaceTime yang dapat mengirim suara secara real-time dan mencakup fitur Push-to-Talk. Aplikasi Walkie Talkie itu membutuhkan paket data atau koneksi WiFi.

Cara kerjanya, antar pengguna harus sepakat terlebih dulu terhubung di fitur Walkie-Talkie. Satu di antara pengguna harus meminta untuk memulai pembicaraan dan kemudian yang lain setuju untuk berteman dan berbincang.

Begitu terhubung dan masuk dalam tampilan utama Walkie-Talkie, pengguna cukup mengetuk tombol "Talk" untuk mengirim pesan. Aplikasi Walkie-Talkie akan mendeteksi suara antara lima detik sampai 10 detik.

Selain itu, Apple juga menghadirkan fitur kebugaran terbaru Activity Competition yang memungkinkan para pengguna Apple Watch dapat bersaing dengan teman dalam memenuhi target Activity Ring selama tujuh hari.

Pada aplikasi Workout ada dukungan yoga dan hiking. Selain itu, ada pula kemampuan Auto-Workout Detection untuk mendeteksi latihan apa yang dilakukan pengguna secara otomatis.

Apple juga meningkatkan kemampuan Siri. Kini, pengguna Apple Watch tidak perlu meneriakan Hei Siri untuk mengaktifkan asisten digital ini. Caranya, pengguna tinggal menaikkan pergelangan tangan dan berbicara.

Apple merencanakan akan merilis WatchOS 5 pada musim gugur ini atau sekitar bulan September.