Find Us On Social Media :

Jam Tangan Pintar ASUS VivoWatch BP Dapat Ukur Tekanan Darah Pengguna

By Adam Rizal, Jumat, 8 Juni 2018 | 15:30 WIB

ASUS VivoWatch BP

ASUS meluncurkan perangkat wearable jam tangan pintar ASUS VivoWatch BP yang memiliki fitur utama kesehatan yaitu dapat menghitung tekanan darah pengguna.

"ASUS VivoWatch BP bukanlah smartwatch atau fitness tracker tetapi lebih dari itu, ASUS VivoWatch BP adalah sebuah health tracker," kata Marcel Campos (ASUS Global PC and Phone Marketing Senior Director) seperti dikutip The Verge.

ASUS VivoWatch BP memiliki dua sensor utama yaitu sensor elektrokardiogram (EKG) dan sensor photoplethysmography (PPG). Kedua sensor itu berfungsi memonitor aktivitas jantung pengguna

Sensor ECG memonitor aktivitas jantung pengguna melalui sinyal listrik yang dikirimkan oleh jantung. Sedangkan, sensor PPG merupakan teknologi berbasis cahaya untuk mendeteksi aliran darah yang dipompa dari jantung ke titik dimana sensor berada seperti pergelangan tangan.

"Kami memasang dua sensor ini untuk meningkatkan akurasi data yang diambil oleh ASUS VivoWatch BP," katanya.

ASUS VivoWatch BP

Di banding alat yang ada sekarang, ASUS VivoWatch BP memiliki dimensi 70 persen lebih kecil dan bobotnya50 persen lebih ringan. Selain itu, perangkat wearable itu bisa menghitung tekanan darah pengguna hanya dalam waktu 15 detik.

ASUS VivoWatch BP mengusung layar LCD warna yang berlapis Gorilla Glass dan baterainya bisa bertahan hingga 28 hari. Dari sisi software, ASUS VivoWatch BP memiliki ASUS HealthAI Algorithm.

"Dengan HealthAI, kami bisa membantu pengguna untuk menemukan hubungan antara informasi kesehatan dan tekanan darah," kata Campos.

HealthAI juga mampu melacak semua informasi kesehatan Anda seperti detak jantung dan kegiatan Anda untuk membuat sebuah database lengkap.

HealthAI juga akan mengumpulkan informasi pribadi Anda sehingga Anda akan memiliki data kesehatan lengkap utnuk diberikan kepada dokter.

"HealthAI juga akan bisa memberitahu Anda apa yang harus Anda lakukan agar tekanan darah Anda normal," katanya.