Find Us On Social Media :

Facebook Buka Lowongan Kerja untuk Pantau Berita Hoax, Ini Syaratnya

By Adam Rizal, Senin, 11 Juni 2018 | 17:00 WIB

Ilustrasi Facebook Berantas Berita Hoax

Facebook adalah satu tempat nyaman bagi berita hoax atau palsu tersebar. Facebook sudah mengeluarkan berbagai macam cara untuk menekan dan menangkis berita-berita hoax dari platformnya.

Kali ini Facebook membuka lowongan pekerjaan terbaru News Credibility Specialist yang bertugas untuk menyensor berita-berita yang tersebar di Facebook. Tentunya, Facebook akan menyeleksi ketat kandidat karyawan News Credibility Specialist.

Calon pelamar harus aktif berbahasa Spanyol, baik secara lisan maupun tertulis dan memiliki pengalaman dalam bidang jurnalistik.

"Kami mencari individual yang pengalaman dalam bidang jurnalistik dan Kandidat harus sejalan dengan misi Facebook untuk membuat dunia semakin terkoneksi," katanya seperti dikutip Gizmodo.

Facebook menugaskan News Credibility Specialist untuk membuat daftar organisasi berita yang kredibel dan akan menegakkan kepatuhan media dalam peraturan baru tentang transparansi iklan politik.

"Anda (News Credibility Specialist) memiliki tugas untuk melakukan investigasi terhadap berbagai kebijakan yang telah ditetapkan," tulis Facebook.

Sebelumnya Facebook sudah berusaha untuk menekan situs berita melalui aplikasi pihak ketiga pengecek fakta dan algoritma. Kendati demikian usaha itu gagal dan masalah berita hoax terus merajalela.

Daniel Kress (Profesor Komunikasi Politik dari University of North Carolina) mengatakan kebijakan News Credibility Specialist itu kurang efektif.

"Mereka selalu memainkan peran editorial, ketakuan saya adalah mereka tidak tahu bahwa mereka memainkan peran editorial ini. Mereka juga tidak transparan bagaimana merka memutuskan kebijakan tersebut dan mereka putuskan tidak bisa dipertanggungjawabkan," jelasnya.