Find Us On Social Media :

Mesin AI Goldman Sachs Prediksi Brasil Sabet Piala Dunia 2018

By Adam Rizal, Sabtu, 16 Juni 2018 | 07:00 WIB

Ilustrasi tim nasional Brasil

Saat ini ajang sepak bola akbar Piala Dunia 2018 sedang berlangsung di Rusia.

Banyak para penggemar menantikan tim mana yang akan keluar sebagai juara di kompetisi empat tahunan ini dan banyak orang yang memprediksi siapa yang akan mengangkat trofi di akhir kompetisi.

Mesin kecerdasan buatan (AI) perusahaan investasi Goldman Sachs memprediksi secara detail negara mana saja yang akan mengangkat trofi Piala Dunia 2018.

Hasilnya, mesin AI Goldman Sachs itu mengungkapkan Brasil akan menjadi juara atau kampiun piala dunia 2018 dengan mengalahkan Jerman di partai puncak dan Brasil akan merengkuh gelar yang ke enam kalinya.

"Mesin pembelajaran machine learning ini bisa menyaring sebagian besar variabel untuk menghasilkan prakiraan lebih akurat daripada konvensional," kata sekelompok ahli strategi dari tim peneliti internasional Goldman Sach seperti dikutip Business Insider.

Mesin AI Goldman Sachs itu menggunakan 200 ribu model dan data dari tim dan individual pemain untuk membantu memperkirakan skor pertandingan secara spesifik. Kemudian mesin AI itu mensimulasikan satu juta variasi turnamen untuk menghitung probabilitas kemajuan untuk setiap tim.

"Kami memberikan data dari seluruh karakteristik tim, pemain, dan performa tim terbaru ke empat machine learning berbeda dan melakukan analisa jumlah gol yang dapat dibuat dalam sebuah pertandingan," ujarnya.

"Dengan menyertakan banyak kombinasi variabel, kami dapat mengetahui karakterisitik penting untuk sebuah tim dapat sukses dan gagal," ujar Golden Sachs dalam pernyataannya.

Selain itu, mesin AI Goldman Sachs itu juga memprediksi Inggris hanya melaju sampai perempat final dan kalah dari Jerman. Rusia yang bertindak sebagai tuan rumah akan mengalami gagal total karena tidak lolos dari babak penyisihan dan Arab Saudi akan menjadi tim kuda hitam. Mesin AI itu juga memperkirakan Argentina dan Spanyol memiliki performa yang tak begitu baik selama turnamen berlangsung.

Berdasarkan prediksi mesin AI itu, Jerman merupakan negara favorit kedua yang memiliki potensi sebagai juara dan peserta semi final gelaran piala dunia tahun ini adalah Perancis, Spanyol, Jerman dan Brasil.

Piala Dunia 2018 akan menggelar 64 pertandingan di 12 stadion yang tersebar di 11 kota berbeda di Rusia dan sebanyak 32 negara akan saling berebut menjadi yang terbaik untuk memenangkan trofi bergengsi ini.