Find Us On Social Media :

Smartphone iPhone 3GS Kembali Dijual Rp500.000-an, Siapa Berminat?

By Adam Rizal, Senin, 18 Juni 2018 | 14:00 WIB

Daya magis iPhone memang tidak akan pernah hilang, termasuk varian iPhone yang lawas.

Operator telekomunikasi Korea Selatan SK Telink akan menjual kembali iPhone 3GS dengan banderol 44.000 won atau sekitar Rp554.000 di toko online SK Seven milik SK Telink pada akhir bulan ini.

Harga ini enam kali lebih murah dibandingkan ponsel termurah yang dijual Apple, iPhone SE yang dipatok kurang lebih Rp3 juta.

Apple meluncurkan iPhone 3GS pertama kali sekitar sembilan tahun lalu atau pada 8 Juni 2009. Apple sudah menghentikan produk dan penjualan iPhone 3GS, seiring kemunculan iPhone generasi baru.

Penjualan kembali iPhone 3GS itu merupakan kabar gembira bagi mereka yang memiliki bujet tipis namun berhasrat ingin memiliki ponsel dengan logo Apple.

SK Telink tidak akan memberlakukan sistem bundling sehingga pembeli bisa memakai iPhone 3GS dengan kartu SIM dari operator seluler manapun yang mendukung seperti dikutip Venture Beat.

"iPhone 3GS dirilis untuk merayakan pembukaan mall online SK Seven, sembari memberikan pilihan yang lebih beragam kepada masyarakat atas ponsel," kata juru bicara SK Telink.

SK Telink menegaskan bahwa iPhone 3GS yang hendak dijual bukanlah hasil rekondisi alias refurbished tetapi perangkat yang terlanjur dirilis tetapi tidak pernah sampai ke tangan pembeli dan mendekam di gudang hampir satu dekade.

SK Telink pun akan membuka satu persatu kemasan iPhone 3GS untuk mengetes apakah perangkat masih dalam keadaan layak, ditilik dari baterai dan komponen-komponen lainnya.

Jika masih, maka SK Telink akan mengemasnya kembali dan mengirimkan kepada para pembeli. Sayangnya, iPhone 3GS belum mendukung jaringan internet cepat 4G LTE jadi hanya 3G.

iPhone 3GS hanya menggunakan sistem operasinya iOS 6 dan tidak bisa lagi menjalankan aplikasi populer saat ini. Akan tetapi, smartphone sanggup melakukan SMS, telepon, dan memutar MP3.

iPhone 3GS mengusung prosesor 600MHz Samsung S5PC100, RAM 256MB, dengan penyimpanan internal dan variasi 8GB,16GB, dan 32GB. Selain itu, pengguna tidak dapat melakukan swafoto karena tidak ada kamera depan.