Find Us On Social Media :

Bukan iPhone X, Inilah Smartphone Pertama yang Punya Notch atau "Poni"

By Adam Rizal, Selasa, 19 Juni 2018 | 14:00 WIB

Sharp Aquos S2

Saat ini vendor smartphone sedang terjangkit "virus" notch atau poni di setiap line-up smartphone-nya termasuk Apple, Oppo, Vivo, LG, Xiaomi, sampai Asus.

Tren desain poni disebabkan kesuksesan Apple yang meluncurkan iPhone X dengan desain poni dan mempopulerkan desain poni pertama kali di pasar.

Tak heran, banyak pelanggan yang mengira banyak vendor smartphone ikut-ikutan mencontek Apple dalam penambahan desain poni. Padahal, Apple bukanlah vendor smartphone pertama yang mengusung desain poni.

Faktanya, Sharp Aquos S2 adalah smartphone yang pertama kali mengaplikasikan notch di layar smartphone sebagai tempat kamera depan.

Selain itu, Sharp juga meluncurkan Sharp Aquos Crystal yang mengusung desain bezeless atau nyaris tanpa tepian layar.

Setelah Sharp Aquos S2, barulah smartphone bapak Android Essential Phone yang mengusung desain notch untuk menaruh kamera depan.

Barulah, Apple meluncurkan iPhone X pada 2017. Bedanya, iPhone X tidak memiliki bezel bawah dan desain notch-nya pun berbeda bentuk.

Pada iPhone X, notch-nya cukup lebar dan menjadi tempat untuk kamera depan dan berbagai sensor seperti kamera infrared, flood illuminator, proximity sensor, ambient light sensor, speaker, microphone, hingga dot projector.

Saat ini vendor smartphone Tiongkok Vivo menghadirkan desain baru tanpa notch melalui perangkat Vivo Nex dan Apex-nya yang hadir beberapa waktu lalu.