Find Us On Social Media :

Google Resmi "Ceraikan" Uber dari Aplikasi Google Maps versi Android

By Adam Rizal, Rabu, 20 Juni 2018 | 12:00 WIB

Google Keluarkan Uber dari Aplikasi Google Maps

Google resmi menghentikan integrasi aplikasi Uber dari Google Maps versi Android, menyusul Google telah melakukan langkah serupa pada Maps untuk iOS beberapa waktu lalu.

Pada 2017, Google telah menghadirkan integrasi sejumlah layanan ride sharing di Google Maps seperti misalnya Uber, Lyft dan Gett.

Google memberikan opsi pemesanan kendaraan Uber pada Google Maps sehingga pengguna tidak perlu lagi berpindah aplikasi untuk melakukan pemesanan dan pembayaran Uber.

"Anda tidak bisa memesan Uber secara langsung di Google Maps. Namun, Anda masih bisa melihat rute di aplikasi Google Maps dan memesan kendaraan lainnya lewat aplikasi Uber," tulis Google seperti dikutip Ubergizmo.

Sebenarnya, Google sudah mencabut layanan Uber pada Maps versi iOS sejak pertengahan 2017. Hanya saja, Google masih mengizinkan penggunaan aplikasi Uber melalui Google Maps untuk versi Android hingga belakangan ini.

Sayangnya, Google tidak memberikan alasan mengapa integrasi Uber di Google Maps.

Pasca fitur pemesanan itu dihapus, maka pengguna hanya bisa melihat rute serta estimasi tarif perjalanan saja. Ketika ingin melakukan pemesanan, maka pengguna akan diarahkan untuk membuka aplikasi Uber.

Untuk diketahui, Alphabet, yang merupakan induk dari Google telah melakukan investasi besar-besaran pada Lyft yang merupakkan perusahaan ride hailing pesaing Uber.