Find Us On Social Media :

Tantang YouTube, Instagram Luncurkan Layanan Video Terbaru IGTV

By Adam Rizal, Sabtu, 23 Juni 2018 | 13:05 WIB

Instagram IGTV

Instagram meluncurkan layanan mandiri terbarunya Instagram TV atau IGTV yang memungkinkan pengguna berbagi video di Instagram hingga 10 menit yang tadinya hanya satu menit.

Namun pengguna tertentu seperti selebgram dan public figure bisa mengunggah konten hingga berjam-jam lamanya.

IGTV menampilkan konten-konten video berformat vertikal atau full-screen pada layar smartphone. Pengguna Instagram pun bisa memilih dan menyaksikan video dari pembuat konten favorit mereka yang sudah tayang di IGTV.

Layanan IGTV pun sudah hadir dalam aplikasi tersendiri bernama IGTV di iOS maupun Android.

Kevin Systrom (CEO dan Pendiri Instagram) mengatakan IGTV akan memudahkan pengguna menemukan dan menonton video lewat smartphone mereka.

IGTV juga memungkinkan pembuat konten untuk mengunggah video mereka langsung ke Instagram.

"Sebagian besar aplikasi video mengharuskan pengguna mencari atau menelusuri direktori, tidak seperti televisi yang memungkinkan pengguna menyalakan dan menontonnya. IGTV memungkin pengguna hanya perlu memutar video begitu mereka membukanya," kata Systrom seperti dikutip Gizmodo.

Systrom pun optimis IGTV bisa menjadi tempat baru di Instagram untuk memasang iklan dan dapat menyaingi YouTube. Saat ini IGTV tidak memiliki iklan tetapi Systrom yakin pengguna bisa memanfaatkan platform ini sebagai tempat yang pas untuk mempromosikan sesuatu.

"Nantinya semua pengguna bisa merasakan berbagi video dengan durasi tak terbatas," ucapnya.

IGTV pun mematahkan rumo, beredar kabar yang menyebut Instagram bakal memperpanjang durasi “Stories” hingga durasi maksimal 1 jam.

Ketika membuka aplikasi tersebut, pengguna akan langsung melihat video-video pilihan tanpa harus melakukan pencarian (searching).

Video-video pilihan itu berdasarkan algoritma, sehingga relevan dengan minat masing-masing pengguna. Pengguna bakal diberi tahu bila ada video baru dari kreator kesukaan mereka.

Meski mandiri, IGTV memiliki tombol khusus di aplikasi Instagram dan pengguna bisa menekan tombol untuk beranjak ke IGTV, baik untuk membuat atau menonton video vertikal.