Find Us On Social Media :

Inilah Perbedaan Fitur Layanan Berbagi Video IGTV dan YouTube

By Adam Rizal, Senin, 25 Juni 2018 | 06:00 WIB

Ilustrasi IGTV dan YouTube

Instagram resmi meluncurkan layanan distribusi video terbarunya Instagram TV (IGTV) yang menantang kedigdayaan YouTube.

Namun, IGTV dan YouTube memiliki sejumlah perbedaan mendasar.

IGTV dapat memutar konten secara otomatis tanpa perlu menekan tombol Play terlebih dahulu. Pengguna Instagram pun hanya perlu menggeser jari ke arah atas untuk mencari konten IGTV lainnya.

IGTV mengusung tampilan layar penuh format video vertikal sesuai dengan kebiasaan pengguna dalam memegang smartphone. Aspect ratio video vertikal tersebut adalah 9:16, serupa dengan yang digunakan pada Instagram Stories.

Berbeda dengan platform distribusi lainnya yang mengusung format horizontal sehingga pengguna tidak perlu mengubah cara memegang smartphone ketika menonton konten video.

YouTube sendiri tidak membatasi format video yang diunggah dan penggunanya bisa saja mengunggah video vertikal dengan konsekuensi adanya area hitam di sisi kiri serta kanan atau mengunggah video horizontal.

IGTV juga terintegrasi di aplikasi Instagram dan Facebook sehingga pengguna dapat menemukan konten dari akun yang diikuti di platform jejaring sosial ini dan pengguna juga dapat mengirimkan video tertentu ke rekan melalui fitur Direct, serta memberikan likes dan mengomentari video, selayaknya di Instagram.

Selain itu, pengguna juga bisa mencentang pilihan untuk membuat video IGTV terlihat di halaman Facebook miliknya. YouTube tidak terintegrasi dengan media sosial lain sehingga pengguna harus melakukan embed atau menyebarkan tautan menuju video untuk membagikan videonya tersebut.

IGTV menawarkan pengalaman penjelajahan konten favorit lebih mendalam, dan memungkinkan kreator konten menghadirkan video berdurasi lebih panjang.

Karena itu, IGTV lebih memudahkan pelaku bisnis untuk menarik perhatian konsumen muda dan meningkatkan keterkaitan konsumen melalui video berdurasi lebih panjang.

Pada tahap awal, pengguna hanya dapat mengunggah video 10 menit saja karena video berdurasi satu jam hanya untuk kreator konten atau pengguna yang telah memiliki banyak pengikut.

Sedangkan, YouTube menawarkan durasi video yang berbeda.

Saat ini IGTV tidak bisa digunakan untuk siaran langsung, sebagaimana Instagram Stories. Sebaliknya, YouTube sudah lama memiliki fitur siaran langsung.

Sudah banyak sekali yang memakai fitur ini untuk menyiarkan konten videonya di YouTube, mulai dari para vendor gadget saat peluncuran produk mereka hingga media.