Find Us On Social Media :

TP-Link Deco M5: Memudahkan Konfigurasi Wi-Fi yang Luas di Rumah

By Dayu Akbar, Sabtu, 30 Juni 2018 | 07:00 WIB

TP-Link Deco M5 merupakan sebuah paket yang terdiri dari tiga unit wireless router. TP-Link menghadirkan 3 perangkat dalam 1 paket untuk menghadirkan jaringan nirkabel yang merata di rumah yang berukuran luas. Ketiga perangkat tersebut terhubung satu sama lain dengan menggunakan koneksi mesh. Anda pun tak perlu menggunakan seluruh perangkat tersebut jika memang tidak diperlukan. Cukup menggunakan 1 atau 2 unit saja jika kapasitasnya sudah memadai.

Konfigurasi yang sangat mudah pada perangkat ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi mobile yang tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi TP-Link Deco tersebut merupakan sebuah wizard yang akan menuntun Anda dalam melakukan konfigurasi perangkat ini.

Saat kami coba, konfigurasinya pun berlangsung sangat mudah dan cepat. Setelah menghubungkan Deco M5 ke modem untuk difungsikan sebagai gateway, aplikasi tersebut akan mencari Deco bersangkutan dan memasukkannya ke aplikasi. Setelah itu, Anda dapat melakukan konfigurasi SSID dan password serta menambahkan Deco lain ke jaringan jika diperlukan.

Aplikasinya sendiri terbilang cukup sederhana. Seluruh konfigurasi pada Deco M5 dilakukan melalui aplikasi tersebut karena Deco M5 sendiri memang tidak memiliki panel kontrol web yang bisa diakses melalui peramban. Fitur konfigurasi yang tersedia meliputi parental control, blacklist, serta antivirus dari Trend Micro.

Secara kinerja, Deco M5 tergolong biasa. Deco M5 mendukung 802.11ac dan kecepatan maksimal total sekitar 1.300 Mbps di pita 2,4 GHz dan 5 GHz yang diatur secara otomatis. Perangkat ini mampu menghasilkan kecepatan rata-rata sekitar 120 Mbps saat melakukan transfer data dari sebuah komputer yang terkoneksi ke sebuah Deco ke komputer lain yang juga terkoneksi ke Deco yang lain.

Aplikasi TP-Link Deco menjadi pusat kendali konfigurasi Deco M5.

Kesimpulan

Jika Anda termasuk orang yang tak terlalu memahami seluk-beluk konfigurasi jaringan nirkabel, TP-Link Deco M5 ini bisa menjadi sebuah pilihan yang menarik untuk Anda karena menawarkan proses konfigurasi yang sangat mudah.

Plus: Desain ringkas, konfigurasi sangat mudah.

Minus: Tanpa panel kontrol web, kecepatan teoritis maksimal hanya 1.300 Mbps.

Spesifikasi

Standar 802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor 2 x WAN/LAN 1 Gbps
Mode operasi Wireless router, access point
Kecepatan transfer data 400 Mbps (2,4 GHz 802.11b/g/n) + 867 Mbps (5 GHz 802.11ac)
Fitur DHCP server, MAC address filter, URL filter, aplikasi mobile
Kelengkapan Power adapter, manual, kabel LAN
Situs www.tp-link.co.id
Harga (kisaran) Rp4.300.000