Find Us On Social Media :

Inilah Perbedaan Instagram Lite dengan Instagram Versi Standar

By Adam Rizal, Minggu, 1 Juli 2018 | 12:00 WIB

Instagram Lite

Instagram resmi meluncurkan Instagram Lite atau versi ringan untuk pengguna smartphone berbasis Android di Meksiko, menyusul aplikasi-aplikasi lainnya yang sudah terlebih dahulu memiliki aplikasi serupa.

Sebelumnya, Facebook telah meluncurkan Facebook Lite dan Messenger Lite.

Keunggulannya, Instagram Lite tidak mengambil memori smartphone dalam jumlah besar dan lebih sedikit menghabiskan kuota Internet, mengingat aplikasi Instagram sangat boros mengonsumsi data Internet.

Sebagai perbandingan, Instagram Lite hanya berukuran 573 KB dan Instagram versi standar berukuran 32 MB.

"Aplikasi Instagram Lite kecil, memungkinkan Anda untuk menghemat memori ponsel Anda dan mengunduhnya dengan cepat. Dengan ukuran 573KB, Instagram Lite memakan ruang 1/55 dari aplikasi Instagram utama, yang membutuhkan 32MB," tulis Instagram dalam lamannya seperti dikutip The Verge.

Tentunya, Instagram Lite itu mampu menjalankan fungsi utama Instagram seperti mengunggah foto dan berbagi Stories serta mengakses Explore.

Namun, namanya Lite, Instagram melakukan beberapa pemangkasan fitur seperti pengunggahan video. Selain itu, Instagram juga menghilangkan fitur berkirim pesan antar pengguna atau Direct.

Alasan Instagram meluncurkan Instagram Lite untuk menjangkau pasar yang lebih luas terutama di negara berkembang, mengingat pertumbuhan pengguna Instagram di masa depan tergantung pada masyarakat di negara-negara berkembang.

Apalagi, ada beberapa smartphone yang tidak memiliki spesifikasi mumpuni.

Dengan Instagram Lite, pengguna Instagram di negara berkembang tidak lagi harus bingung menghapus foto di smartphone untuk mengosongkan memori atau menunggu waktu lama ketika membuka foto teman-temannya.

"Kami menguji versi baru dari Instagram untuk Android yang akan memakan memori lebih sedikit, menggunakan data lebih sedikit dan bisa dibuka dengan lebih cepat," lanjutnya.

Sayangnya, Instagram tidak menjelaskan apakah mereka akan tetap menampilkan iklan di aplikasi ini.