Find Us On Social Media :

Lebih Murah, Apple Mulai Gunakan Layar OLED LG untuk iPhone Terbaru

By Adam Rizal, Senin, 2 Juli 2018 | 11:18 WIB

iPhone X

Apple menggandeng LG Display untuk memasok layar Organic Light-Emitting Diode (OLED) untuk iPhone terbaru, sebagai alternatif panel layar Samsung.

Rencananya, LG Display akan memasok layar OLED iPhone sebanyak 2 - 4 juta unit pada awalnya dan akan terus meningkat di masa depan.

Keuntungannya, Apple akan mengurangi ketergantungan pasokan panel layar OLED dari Samsung, menyusul Samsung memasok panel layar OLED iPhone sebanyak 100 juta unit. LG pun sangat terbantu karena dapat menurunkan biaya produksi panel OLED.

Dengan mengganti supplier ini, Apple pun akan mendapatkan pasokan layar OLED yang lebih cepat dan murah dari LG Display. Sebelumnya, Apple menggantungkan diri kepada Samsung untuk memasok panel layar OLED iPhone.

Samsung bisa memberikan harga mahal karena Samsung-lah satu-satunya pemasok dan memonopoli harga panel OLED di pasar. Resikonya, harga monopoli Samsung itu mengakibatkan harga iPhone X yang mahal.

"Pemasok kedua layar OLED ini membantu Apple untuk mengurangi ketergantungan kepada Samsung yang merupakan pemasok tunggal. Lebih banyak pemasok berarti lebih banyak volume, akibatnya harga lebih rendah," kata Jerry Kang (Analisis Senior IHS Markit) seperti dikutip Bloomberg.

Samsung telah mengurangi jumlah pasokan panel layar OLED karena penjualan iPhone X tidak sesuai prediksi. Saat ini Samsung sedang mencari klien lain selain Apple.

LG sendiri telah memproduksi panel layar OLED V30 tetapi kualitas layarnya masih belum bisa bersaing dengan panel OLED bikinan Samsung. Tidak hanya LG, Apple juga sedang berdiskusi dengan BOE Technology Group asal Tiongkok untuk memasol layar OLED pada iPhone sejak Februari.

LG telah berinvestasi milyaran dolar untuk teknologi layar generasi selanjutnya yang menekankan akurasi warna dan struktur yang lebih tipis dari LCD.