Find Us On Social Media :

Inilah Persiapan Kemkominfo Sambut Asian Games 2018 di Indonesia

By Adam Rizal, Selasa, 3 Juli 2018 | 06:00 WIB

Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informasi RI)

Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika RI) telah meninjau kesiapan sejumlah lokasi atau venue pertandingan olahraga terbesar di Asia dan memastikan semua sistem teknologi informasi (TI) untuk Asian Games 2018 sudah siap pakai dan beroperasi.

"Tadi meninjau kesiapan tempat untuk BMX, hoki, tenis, praktis sudah siap semua. Terus juga meninjau TI-nya," katanya dalam keterangan resminya di Jakarta.

Menkominfo mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau venue cabang olahraga sepeda di Pulo Mas, Jakarta Utara.

Selain itu, rombongan pejabat negara yang dipimpin Wapres Jusuf Kalla juga meninjau venue hoki dan tenis luar ruangan di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan.

Rudiantara mengatakan pemerintah sudah melakukan beberapa uji coba pengetesan sistem TI akan yang digunakan dan melakukan perbaikan dari hasil evaluasi tim terkait.

"Fiturnya sudah, user, aset dan tes sudah, mudah-mudahan (sistem TI) tidak ada masalah," ujarnya. Sebelumnya, Kemkominfo pun telah menyiapkan hal-hal untuk menunjang pelaksanaan Asian Games 2018 seperti sistem tiket daring, registrasi, serta rencana penayangan hasil pertandingan secara langsung dan online.

"Kami telah melakukan berbagai langkah antisipasi di setiap celah dan sektor yang berpotensi menjadi target serangan siber. Ini untuk mengindari terjadinya aksi peretasan oleh hacker seperti pada pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 lalu," ucapnya.

Pemerintah juga akan melakukan ujicoba jaringan 5G di sekitar lokasi olah raga selama event tersebut berlangsung. Jaringan generasi kelima tersebut dapat dicoba oleh masyarakat di sekitaran venue Asian Games.