Find Us On Social Media :

Keren! Facebook akan Beli Hak Siar Liga Primer Inggris selama 3 Tahun

By Adam Rizal, Selasa, 3 Juli 2018 | 16:00 WIB

Manchester United's Belgian striker Romelu Lukaku celebrates scoring the opening goal with Manchester United's English striker Marcus Rashford during the English Premier League football match between Manchester United and West Ham United at Old Trafford in Manchester, north west England, on August 13, 2017. / AFP PHOTO / Oli SCARFF / RESTRICTED TO EDITORIAL USE. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or 'live' services. Online in-match use limited to 75 images, no video emulation. No use in betting, games or single club/league/player publications. / (Photo credit should read OLI SCARFF/AFP/Getty Images)

Saat ini Facebook sedang bernegosiasi dengan pengelola Liga Inggris untuk mendapatkan hak siar eksklusif pertandingan sepakbola English Premier League selama tiga musim pertandingan.

Saat ini pemegang hak siar resmi Liga Primer Inggris adalah BT Sport dan Sky Sports. Kedua perusahaan itu memberi lisensi kepada stasiun televisi lainnya untuk menayangkan siaran Liga Primer.

Rencananya, Facebook akan menayangkan Liga Primer Inggris secara streaming baik lingkup Inggris maupun Internasional. Namun kabar lainnya menyebutkan lisensi yang akan dibeli Facebook sebatas izin penyiaran di wilayah Asia Tenggara termasuk Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam.

Kemungkinan besar Facebook akan menyiarkan seluruh pertandingan lewat fitur live streaming yang akan tampil di lini masa pengguna.

"Liga Primer adalah partner yang sangat penting bagi kami dan kami akan sangat senang menjalin kerja sama dengan mereka," kata Dan Reed (Kepala Facebook untuk Bidang Olah Raga) seperti dikutip Bloomberg.

Facebook sudah menyatakan ketertarikannya untuk menjadi kanal penyiaran Liga Primer Inggris sejak 2017.

Facebook terpikat dengan peluang bisnis siaran sepak bola Liga Primer Inggris yang mampu menjangkau banyak penonton dan banyak menghasilkan iklan.

Facebook ingin menjadikan platformnya sebagai pusat para penggemar olah raga dan menarik orang agar menghabiskan waktu lebih banyak di platformnya.

Menurut sumber terdekat, proses negosiasi itu akan berlangsung dalam beberapa pekan ke depan. Tidak disebutkan berapa dana yang akan digelontorkan Facebook untuk memiliki hak siar Liga Primer Inggris tersebut.

Sebagai gambaran, BeIN Sports, perusahaan asal Qatar yang menjadi salah satu pemegang lisensi liga primer Inggris harus membayar sekitar USD 250 juta atau sekitar Rp3.6 triliun untuk mendapatkan hak siar eksklusif selama tiga musim ke depan.

BeIN pun memperoleh hak penayangan atas sebanyak 380 pertandingan permusim.

Beberapa pemilik klub Liga Primer Inggris berharap raksasa teknologi seperti Facebook dan Amazon dapat mengambil alih hak siar Liga Primer Inggris supaya nilai kontrak hak siar terdongkrak.

Hak siar merupakan salah satu sumber pendapatan utama klub yang tergabung di dalam kompetisi sepak bola tersebut.