Montir telah meraih pendanaan Seri A dari East Ventures untuk mempercepat misi Montir menjadi solusi terbaik kebutuhan servis otomotif.
Montir sendiri adalah perusahaan layanan otomotif dan suku cadang on-demand dengan misi membawa bengkel mobil ke tempat pelanggan. Berdiri pada tahun 2016, Montir didirikan oleh Mikhail Laurus dan Dennis Eka Putra untuk menciptakan inovasi dalam industri otomotif berupa proses servis kendaraan yang lebih sederhana dan nyaman.
Di Jakarta, pasar perbaikan kendaraan (tidak termasuk reparasi bodi kendaraan) memiliki prospek yang cerah bahkan nilai pasarnya mencapai USD 1 miliar pertahunnya.
Kendalanya, orang malas untuk melakukan servis kendaraan karena prosesnya yang panjang dan tidak efisien serta pelanggan harus menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari hanya untuk mengantri dan memperbaiki mobil.
Karena itu, Montir menyadari banyak pemilik mobil menginginkan solusi mobil "satu atap" yang memungkinkan pelanggan dapat menghemat waktu dan uang tanpa mengorbankan kualitas layanan.
Mikhail (Co-Founder Montir) mengatakan bisnis Montir menghadapi tantangan harga dan memberikan kualitas terbaik. Jika pemilik mobil pergi ke bengkel resmi, kualitasnya akan sangat baik tetapi harganya sangat tinggi. Jika pergi ke bengkel tidak resmi, tentu harganya akan lebih murah tetapi kualitas layanannya dipertanyakan.
"Montir hadir dan memberikan yang terbaik dari keduanya," katanya dalam siaran persnya, Rabu (4/7).
Cara Kerja
Proses pemesanan layanan perbaikan Montir cukup mudah. Pelanggan cukup membuka situs Montir dan tuliskan permasalahan mobil yang mereka hadapi dan memilih jadwal untuk konsultasi. Kemudian, penasihat layanan Montir akan datang untuk memeriksa mobil dan memberikan saran layanan atau suku cadang apa yang perlu dibeli pelanggan.
"Setelah disetujui, kami akan kirim suku cadang dan tenaga ahli untuk melakukan servis mobil di lokasi mereka," ujarnya.
Dennis (Co-founder Montir) mengatakan Montir bangga menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang dapat melakukan perbaikan skala berat dengan penggantian suku cadang di rumah pelanggan dan bukan bengkel.
"Hampir semua pelanggan kami terkejut dengan kualitas layanan yang kami berikan dan bagaimana kami dapat melakukan servis di tempat mereka," ujarnya.
Tidak hanya itu, Montir juga menyediakan berbagai suku cadang dengan tingkat kualitas berbeda-beda untuk memenuhi anggaran pelanggan, mulai dari kualitas asli, suku cadang aftermarket, hingga suku cadang bekas.
"Dengan cara ini, pelanggan akan menghemat banyak waktudengan tidak pergi ke bengkel dan meninggalkan mobil di sana selama beberapa hari," ujarnya.