Find Us On Social Media :

LINE Digital Frontier, Perusahaan Baru LINE di Industri Manga

By Rafki Fachrizal, Rabu, 4 Juli 2018 | 17:01 WIB

LINE Corporation dan NAVER WEBTOON Corporation telah mencapai kesepakatan untuk membentuk LINE Digital Frontier Corporation pada 2 Juli 2018 ini guna memperluas layanan bisnis di industri Manga bernama LINE Manga.

Kesepakatan terdiri atas investasi modal dan kerjasama untuk meningkatkan layanan di bisnis komik digital LINE Manga dan LINE Comics. JunKoo Kim, CEO NAVER WEBTOON akan ditunjuk sebagai direktur perusahaan baru ini.

“Saya yakin melalui integrasi antara LINE Manga, penyedia layanan komik digital No.1 di Jepang, dengan pengalaman yang telah dimiliki oleh NAVER WEBTOON dalam mengembangkan konten berteknologi tinggi serta konten digital baru akan memberikan angin segar untuk bisnis di industri ini. Komik yang dirilis oleh LINE Manga akan menarik lebih banyak pembaca di berbagai negara di dunia melalui jaringan NAVER WEBTOON dan LINE WEBTOON,’ ujar Kim.

“Dua tujuan yang harus kami capai adalah mendorong judul-judul LINE Manga agar dapat dikenal lebih luas, tidak hanya di Jepang, tetapi juga di negara-negara lain serta dapat memberikan keuntungan dan manfaat bagi para pembuat karya tersebut,” tambahnya.

Sejak diluncurkan pada April 2013 lalu, sebagai penyedia layanan komik digital untuk perangkat smartphone, LINE Manga telah merilis sebanyak 250.000 judul yang berasal dari 250 penerbit. Lebih jauh lagi, layanan ini sudah menyediakan 600 judul komik yang bisa diakses secara gratis setiap harinya.

Secara keseluruhan, jumlah unduhan oleh pengguna melalui layanan ini mencapai lebih dari 19 juta unduhan sehingga membuat LINE Manga menjadi penyedia layanan komik digital nomor satu di Jepang.

​Seiring dengan kesepakatan bisnis antara LINE dan NAVER WEBTOON melalui pendirian LINE Digital Frontier, LINE akan memperluas jangkauan layanan LINE Manga dan LINE Comics baik secara domestik maupun internasional.

Tak hanya itu, perusahaan ini pun akan terus beradaptasi demi menghadapi perubahan. Lebih jauh lagi, LINE berupaya untuk terus memperkenalkan dan mengembangkan manga sebagai bagian dari konten digital yang telah dilakukan oleh LINE Manga.

Strategi LINE untuk rencana ini meliputi amplifikasi judul-judul orisinal LINE, ekspansi berskala global, analisa pasar/konsumen, dan peningkatan antarmuka pengguna(UI)/pengalaman pengguna (UX) dengan berbasis konten, teknologi, dan sumber-sumber daya dari NAVER WEBTOON yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan LINE Manga di masa yang akan datang.

Sebagai langkah awal, LINE berencana untuk mengintegrasikan XOY (diucapkan “Joy”), situs manga dari NAVER WEBTOON, ke dalam LINE Manga pada tahun 2018 ini. XOY menyajikan beragam tipe komik orisinal yang ditampilkan secara vertikal, mudah untuk dibaca, dan telah menarik sekitar 2,3 juta pembaca aktif setiap bulannya.

Sejumlah judul yang terkenal seperti “Tales of the Unusual” karya Osd yang diadaptasi ke dalam drama TV dan “Lookism” karya T. Jun yang telah menarik 3 miliar pembaca akan dirilis secara gratis oleh LINE Manga.

Tak hanya di Jepang, LINE Manga pun berencana untuk merilis berbagai karya komik orisinal miliknya ke seluruh dunia dengan memanfaatkan jaringan global milik NAVER WEBTOON yang terdapat di Korea, Amerika Serikat, China, Taiwan, dan negara lainnya.