Find Us On Social Media :

Inilah Kota Besar dengan Kualitas 4G Paling Kencang dan Lemot

By Adam Rizal, Sabtu, 7 Juli 2018 | 16:30 WIB

Ilustrasi Menara BTS

OpenSignal melaporkan Seoul dan Singapura memiliki jaringan Internet paling cepat di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Keduanya memiliki kecepatan rata-rata mengunduh sebesar 45 Mbps dan kecepatan mengunggah rata-rata sebesar lebih dari 14 Mbps.

Tak heran, Seoul dan Singapura menjadi dua kota dengan kecepatan Internet terbaik di dunia. Selain kedua kota tersebut, Taipei, Yangon, Tokyo dan Ho Chi Minh juga memiliki kecepatan mengunduh rata-rata yang tinggi, lebih dari 25Mbps.

Yangon dan Ho Chi Minh memiliki kecepatan yang baik karena Vietnam dan Myanmar baru meluncurkan layanan 4G dua tahun lalu. Biasanya, negara yang baru meluncurkan jaringan 4G LTE bisa menawarkan kecepatan tinggi karena belum banyak orang yang menggunakannya.

Ironisnya, OpenSignal melaporkan Jakarta menjadi kota dengan kecepatan rata-rata 4G paling rendah dengan kecepatan kurang dari 10Mbps.

Jakarta masuk ke dalam kategori kota-kota yang memiliki kecepatan 4G di bawah rata-rata kecepatan dunia yaitu 16,9 Mbps.

Selain Jakarta, beberapa kota yang masuk ke dalam kategori ini adalah Kuala Lumpur, Manila, Bangkok, dan Phnom Penh.

Salah satu alasan mengapa jaringan LTE di Jakarta tidak memiliki kecepatan tinggi adalah karena negara-negara Asia Tenggara kini lebih fokus untuk memperluas jaringan 4G dibanding meningkatkan kecepatannya.