Find Us On Social Media :

Samsung Bikin Pabrik Smartphone Terbesar di Dunia, Kapasitasnya?

By Adam Rizal, Rabu, 11 Juli 2018 | 16:00 WIB

Peresmian Pabrik Samsung di India

Samsung akan meresmikan pabrik smartphone-nya di Sektor 81 Noida, Uttar Pradesh, India. Pabrik ini akan menjadi fasilitas perakitan smartphone terbesar milik Samsung, sekaligus pabrik smartphone terbesar di dunia.

Pabrik baru itu sendiri diresmikan Moon Jae-in (Presiden Korea Selatan) yang sedang melakukan kunjungan resmi di India.

Sebelumnya, pabrik itu memproduksi TV pada 1995 dan kulkas pada 2003. Baru pada tahun 2007, pabrik yang memiliki luas 140.000 meter persegi itu memproduksi smartphone.

Samsung menginvestaskan dana senilai USD620 juta untuk meningkatkan kapasitas produksi pabrik smartphone-nya di India. Saat ini pabrik itu mampu memproduksi 120 juta unit smartphone per bulannya, meningkat drastis dari kapasitas produksi sebelumnya hanya 67 juta unit.

Pabrik Samsung itu memiliki karyawan sebanyak 5.000 orang. Samsung akan menggunakan pabrik itu untuk memenuhi permintaan smartphone di India dan kebutuhan ekspor ke Afrika, Asia Barat, dan Eropa seperti dikutip Sam Mobile.

India merupakan salah satu negara yang memberikan kontribusi terbesar kepada bisnis ponsel Samsung. Pada 2017, kontribusi India terhadap bisnis ponsel Samsung mencapai USD5 miliar atau meningkat 27 persen dari periode yang sama.

Hingga kuartal pertama 2018, kontribusi bisnis ponsel India mencapai 40 persen dan sebesar 37 persen pangsa pasar Samsung berasal dari India.

Samsung menjadi perusahaan smartphone teratas dan masih berjuang untuk posisi teratas berkompetisi dengan Xiaomi yang juga mulai memproduksi smartphone di India.