Find Us On Social Media :

Fitur Baru Whatsapp: Akan Muncul Label dari Pesan yang di-Forward

By Wisnu Nugroho, Rabu, 11 Juli 2018 | 15:53 WIB

Whatsapp akan segera merilis fitur baru yang menandai ketika sebuah pesan merupakan hasil forward. Jadi ketika Anda membaca sebuah pesan, akan muncul label forwarded di bagian atas pesan tersebut jika pesan tersebut sebenarnya merupakan hasil forward dari orang lain.

Fitur baru ini merupakan usaha Whatsapp mengurangi dampak pemberitaan hoaks yang disebar melalui layanan mereka. Dengan fitur ini, setidaknya bisa diketahui apakah sebuah pesan merupakan hasil tulisan pengirim sendiri, atau merupakan hasil forward dari orang lain.

“Informasi tambahan ini akan memudahkan percakapan one-on-one maupun group chat lebih mudah diikuti. Fitur ini juga akan membantu pengguna untuk mengetahui, apakah kontak Anda yang menulis pesan tersebut atau pesan itu datang dari orang lain” ungkap Whatsapp dalam rilisnya.

Jika sebuah pesan merupakan hasil forward, akan muncul label forwarded di pesan tersebut

Whatsapp selama ini memang sering dituding memudahkan penyebaran konten negatif dan berita bohong. Tahun lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengancam menutup Whatsapp karena memuat foto GIF terkait LGBT. Sementara di India, dua pria tewas dikeroyok setelah beredar berita bohong kalau kedua pria ini telah menculik anak kecil.

Whatsapp menjanjikan, fitur label forwarded ini akan muncul dalam versi Whatsapp terbaru. Namun ketika artikel ini ditulis, fitur tersebut belum muncul di versi Whatsapp terbaru di Google Play (versi 2.18.203). Semoga fitur baru ini segera muncul, supaya berita hoaks di Whatsapp jauh berkurang; atau setidaknya kita tahu siapa penulis sesungguhnya berita hoaks tersebut.