Find Us On Social Media :

Inilah Cara Ketahui dan Cegah Jika Akun WhatsApp Anda Diretas

By Adam Rizal, Minggu, 22 Juli 2018 | 15:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp Diretas

Saat ini WhatsApp menjadi aplikasi pesan sosial terpopuler di dunia dengan pengguna lebih dari 1 miliar.

WhatsApp pun memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan keamanan penggunanya dengan menambahkan fitur enkripsi.

Meskipun WhatsApp sudah memiliki fitur enkripsi, para penjahat siber pun tidak akan kehabisan akal untuk meretasnya dan mencuri data pengguna WhatsApp. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling diincar para hacker di dunia maya.

Para hacker kerap menggunakan berbagai metode untuk meretas WhatsApp. Salah satu caranya dengan web WhatsApp atau mendaftarkan nomor Anda di perangkat lain, mengingat WhatsApp tidak dapat berfungsi pada dua smartphone pada saat yang bersamaan.

Jika peretas mendaftarkan nomor Anda di perangkat lain, maka Anda dapat dapat dengan mudah mendapatkan semua obrolan Anda termasuk yang bersifat pribadi.

Peretas juga dapat mengakses smartphone Anda langsung untuk mendapatkan akses kode QR. Setelah itu para hacker bisa mengakses percakapan WhatsApp dari mana saja.

Berikut beberapa tips ntuk mengetahui apakah WhatsApp telah diretas atau tidak.

Pertama, tekan tombol berbentuk tiga titik di sudut kanan aplikasi WhatsApp. Kedua, buka WhatsApp Web dan Setting WhatsApp. Di bagian Logged in Devices, Anda akan melihat semua perangkat yang terhubung ke WhatsApp Anda.

Jika melihat pesan bahwa perangkat yang ada tidak dapat diverifikasi, berarti besar kemungkinan WhatsApp Anda telah diakses oleh perangkat yang tidak dikenal.

Solusinya, Anda bisa log out WhatsApp Web Anda dari semua perangkat dengan menekan tombol Log out from all devices. Kedua, jangan pernah tinggalkan smartphone Anda tanpa pengawasan saat keluar atau pergi.

Ketiga, kunci semua aplikasi di smartphone Anda untuk mencegah orang lain yang tidak dikenal mengakses aplikasi di smartphone Anda.

Keempat, jangan menghubungkan smartphone Anda ke koneksi Wi-Fi yang tidak dikenal karena hacker dapat menggunakan MAC address untuk mengakses semua obrolan WhatsApp.

Kelima, nonaktifkan akun Anda dengan mengirim email di support@whatsapp.com dan akun anda akan dihapus secara otomatis jika tidak diakses selama 30 hari.

Keenam, aktifkan fitur keamanan Two-step verification di dalam pengaturan akun WhatsApp untuk menambah lapisan keamanan di aplikasi WhatsApp web.