Find Us On Social Media :

Tidak Perlu Repot, Kirim Lamaran Kerja Pakai Fitur LinkedIn Messaging

By Adam Rizal, Rabu, 25 Juli 2018 | 16:00 WIB

Ilustrasi LinkedIn

LinkedIn meluncurkan fitur terbaru LinkedIn Messaging yang memungkinkan pengguna bisa beralih antarmuka serupa chat atau ruang obrolan dan pengguna bisa berbagi lampiran lamaran kerja di jendela percakapan.

Untungnya, pengguna bisa melampirkan lamaran kerja dalam berbagai format seperti PDF, DOC, XLS, maupun PPT seperti dikutip Phone Arena.

Fitur itu menjawab keluhan sebagian besar pengguna yang sulit mengirim lamaran dan biodata diri terkait urusan pekerjaan via LinkedIn Messaging. Selain fitur LinkedIn Messaging, LinkedIn juga memperkenalkan cara baru untuk melakukan percakapan grup di LinkedIn.

Kini pengguna LinkedIn bisa mengetuk ikon tambah untuk membuat pesan baru dan akan mendapatkan saran grup berbasis perusahaan atau teman sekolah. Pengguna juga dapat menghapus kontak dari pesan grup.

Pembaruan LinkedIn itu juga termasuk peningkatan seperti kemampuan untuk menyebut kontak di pesan dengan menambahkan ikon “@”. Peningkatan lain yang termasuk dalam pembaruan LinkedIn adalah opsi untuk secara cepat melakukan copy dan paste gambar tangkapan layar serta gambar dari situs ke dalam pesan di fitur LinkedIn Messaging.

QR Code

Meskipun penggunaan QR Code masih lebih sering ditemui pada platform aplikasi finansial teknologi, nyatanya sekarang penggunaannya sudah banyak digunakan oleh platform lain. Salah satunya LinkedIn, yang baru-baru ini telah menambahkan fitur Scan QR.

Dengan hadirnya fitur scan QR Code di aplikasi LinkedIn, akan memungkinkan setiap penggunanya dengan mudah menemukan profil seseorang yang baru saja ditemui disuatu tempat. Intinya, pengguna dapat saling bertukar informasi kontak dengan mudah dibandingkan menggunakan cara tradisional seperti bertukar kartu nama.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup mengakses aplikasi Linkedin via smartphone dan ketuk ikon QR Code di kotak pencarian yang ada di tab Home. Dari sini, pengguna dapat memindai QR Code LinkedIn orang lain dan pengguna akan dibawa ke profil mereka. Setelah melakukan scan, pengguna juga dapat mengirim permintaan untuk koneksi.

Selain itu, pengguna juga dapat mengunggah gambar QR Code LinkedIn dari smartphone pengguna. Untuk menemukan kode QR LinkedIn milik pengguna sendiri, cukup ketuk "My Code". Jika pengguna ingin berbagi kode melalui iMessage, email, atau pun aplikasi lain, pengguna dapat melakukannya langsung dari halaman ini. Pengguna juga dapat menyimpan kode ke dalam galeri foto pengguna.

Lebih lanjut, fitur QR Code ini sudah mulai tersedia di aplikasi LinkedIn untuk pengguna iOS dan Android. Dengan fitur baru ini, diharapkan akan lebih memudahkan pengguna terhubung dengan pengguna profesional lain di platform tersebut.