Find Us On Social Media :

Begini Cara Amazon dan Toyota Rayu Trump Hentikan Perang Dagang

By Adam Rizal, Kamis, 26 Juli 2018 | 14:00 WIB

Donald Trump (Presiden Amerika Serikat)

Donald Trump (Presiden Amerika Serikat) mulai melancarkan perang dagang ke sejumlah negara terutama Tiongkok. Kebijakan itu membuat tarif dagang naik dan mengkhawatirkan kondisi pasar.

Amazon.com Inc, Toyota Motor Corp dan Alcoa Corp sedang menyusun rencana untuk melawan kebijakan perdagangan Trump untuk membatalkan tarif baru. Caranya, perusahaan-perusahaan raksasa itu akan memberikan banyak pengaruh kepada Trump untuk membatalkan kebijakan yang ingin menerapkan tarif baru di berbagai barang impor itu.

Amazon akan membahas kampanye iklan di seluruh industri dan melakukan lobi kepada pemerintah AS, mengingat Amazon adalah pihak yang paling dirugikan jika adanya pemberlakuan tarif atas barang yang dijual secara online.

Selain itu, Toyota Motor North America akan menerbangkan pekerja ke Washington untuk menggelar aksi demonstrasi di depan gedung parlemen AS. Toyota akan merugi jika Trump memberlakukan tarif kendaraan dan suku cadang yang impor.

Selain Amazon dan Toyota, General Motors dan perusahaan-perusahaan yang sudah terdampak tarif impor baja dan aluminium akan merayu Trump untuk membatalkan kebijakan tarif.

"Kami berdikusi aktif dengan pemerintah AS, Departemen Perdagangan, dan anggota Kongres tentang penghapusan tarif atau mendapatkan pengecualian untuk aluminium Kanada," kata Kepala Eksekutif Alcoa seperti dikutip Reuters.

Karena kebijakan tarif dagang baru itu, Alcoa mengeluarkan biaya tambahan USD 14 juta perbulan, terutama tarif yang dikenakan untuk aluminium yang diimpor dari Kanada sebagai pemasok terbesar.