Find Us On Social Media :

Dukung Industri Manufaktur Indonesia, Siemens Tawarkan Solusi Smart Factory

By Liana Threestayanti, Kamis, 26 Juli 2018 | 12:11 WIB

Di ajang Innofest ID 2018, Siemens memperlihatkan solusi smart factory.

Dalam event Innofest ID 2018, Siemens Indonesia menampilkan konsep Smart Factory yang datang berupa solusi SIMATIC IOT2040, Siemens Radio-Frequency Identification (RFID) System, dan MindSphere, sistem operasi Internet of Things (IoT) yang dikembangkan Siemens.

Industri global memasuki era baru yang dikenal sebagai Industri 4.0. Di era baru ini, industri manufaktur memasuki tahap digitalisasi, berkat kemajuan teknologi, seperti big data analytics, cloud computing, dan koneksi intensif antara manusia dan mesin. Industri 4.0 merupakan tren terkini dari otomatisasi dan pertukaran data yang bermuara pada terciptanya smart factory.

Di dalam struktur modular smart factory tersebut, sistem cyber physical dapat memantau proses produksi, menciptakan tiruan virtual dari wujud fisik, mendorong pengambilan keputusan yang terdesentralisasi serta transparansi data-data produksi sehingga dapat menunjang Industri 4.0.

“Kami menampilkan solusi unggulan perusahaan untuk mendukung transformasi digital dari sektor manufaktur di Indonesia. Dengan menerapkan solusi digital kami, pengguna dan pelanggan sekarang dapat memanfaatkan secara penuh potensi Industri 4.0," ungkap Danu Nugroho, Head of Automation Process, Digital Factory Division, PT Siemens Indonesia.

Keunggulan SIMATIC IOT2040 terletak pada perannya sebagai platform andal dan terbuka untuk pengumpulan, pemrosesan, dan pengiriman data di lingkungan produksi. Platform ini merupakan intelligent gateway yang menstandarisasi komunikasi dari berbagai sumber data, kemudian menganalisis dan meneruskan komunikasi kepada penerima yang sesuai. Solusi ini memungkinkan penerapan konsep produksi yang berorientasi masa depan, bahkan dapat diaplikasikan di pabrik yang sudah beroperasi.

Sedangkan MindSphere adalah sistem operasi IoT terbuka berbasis cloud dari Siemens yang menghubungkan produk, pabrik, sistem, dan mesin, serta memampukan dihasilkannya data dari IoT dengan advanced analytics.

Sebelumnya, Siemens dan Alibaba Cloud, bisnis unit cloud dari Alibaba Group, baru-baru ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka kemitraan guna mendorong industrial Internet of Things di Cina. Kedua perusahaan ini akan memanfaatkan teknologi dan sumber daya industri masing-masing untuk membangun solusi IoT yang unik untuk mendukung Industri 4.0, peningkatan dan transformasi manufaktur Cina, serta inisiatif berbasis Internet lainnya di lingkungan industri.

Siemens juga memamerkan Radio Frequency Identification (RFID) System,  yaitu  sebuah solusi sempurna untuk otomatisasi di era digital dan membantu perusahaan untuk menjadi smart factory. Siemens RFID System membantu industri di bidang produksi dan logistik menjadi lebih transparan dan terprediksi dalam supply chain, serta memfasilitasi perencanaan secara optimal. Solusi ini akan membantu pusat-pusat manufaktur merampingkan dan mengotomatisasi dengan tetap efisien dalam aktivitas operasionalnya.

Innofest ID 2018 diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian Indonesia (BPPI) dengan tema "Membangun Ekosistem Inovasi untuk Menjadikan Indonesia 4.0" pada 24-27 Juli 2018 di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta.