Find Us On Social Media :

Berapakah Biaya Jasa Sewa Bodyguard Bos Facebook dan Keluarganya?

By Adam Rizal, Senin, 30 Juli 2018 | 18:00 WIB

Mark Zuckerberg (CEO Facebook) dan keluarga kecilnya

Perusahaan teknologi ternama dunia mengalokasikan anggaran untuk biaya jasa pengamanan orang nomor satu di perusahaannya, mengingat CEO adalah sosok terpenting dalam pengambilan keputusan.

Facebook pun harus menggelontorkan dana USD 10 juta atau sekitar Rp144 miliar selama setahun untuk membayar jasa keamanan guna melindungi Mark Zuckerberg dan keluarganya.

Jadi, Facebook harus mengeluarkan USD27 ribu atau sekitar Rp388 juta perhari.

Hal itu terungkap dalam financial statement Facebook yang diajukan kepada US Securities and Exchange Commission (SEC). Dalam financial statement, Committee menyetujui tunjangan tidak kena pajak sebesar USD 10 juta untuk Zuckerberg guna menutupi biaya tambahan terkait dengan keamanan pribadi dan keluarganya.

"Tunjangan keamanan ini termasuk untuk biaya personel keamanan, pengadaan, pemasangan, pemeliharaan keamanan di tempat tinggal, serta penggunaan pesawat untuk perjalanan pribadi," tulis financial statement tersebut seperti dikutip Business Insider.

Tahun lalu, Zuckerberg sempat mengunjungi seluruh negara bagian AS untuk memenuhi misi pribadinya. Gara-gara kunjungan ke seluruh negara bagian AS itulah, biaya keamanan Zuck membengkak menjadi USD 7,3 juta atau Rp105 miliar.

Firma riset Equilar menilai selama lima tahun terakhir biaya keamanan Zuckerberg adalah yang terbesar dibandingkan perusahaan-perusahaan lainnya. Meskipun, gaji Zuckerberg tidak lebih dari USD 1 tetapi seluruh hartanya berasal dari kepemilikan saham Zuckerberg di Facebook.

Pada 2016, Facebook menggelontorkan USD 4,9 juta atau sekitar Rp70,4 miliar dan USD 4,2 juta atau sekitar Rp60,3 miliar pada 2015 untuk keamanan pribadi dan keluarga Zuckerberg.