Find Us On Social Media :

Begini Cara Hapus Cuitan Akun Twitter yang Lama-lama Secara Praktis

By Adam Rizal, Kamis, 2 Agustus 2018 | 16:30 WIB

A Twitter logo is seen on a computer screen on November 20, 2017. (Photo by Jaap Arriens/NurPhoto vi

Jejak digital seseorang di media sosial termasuk Twitter akan selalu terekam karena tersimpan di server perusahaan media sosial dan pengguna bisa membuka atau mengunduh komentar atau foto-foto Anda beberapa tahun lalu.

Misal, Studio Walt Disney memecat sutradara James Gunn yang masih mengerjakan film sekuel Guardian of the Galaxy 3 karena kicauannya di Twitter pada Kamis 19 Juli 2018. Kala itu, cuitan James Gunn mengandung lelucon tentang pedofil dan pemerkosaan.

Karena itu, Twitter memberikan beberapa tips untuk menghapus cuitan di Twitter di masa lalu tanpa perlu menggulir satu persatu. Sebelumnya, pengguna dapat mengarsip cuitan-cuitannya sebagai backup di masa yang akan datang.

Caranya, pengguna dapat menuju ke Setting dan memilih “request your archieve”. Sistem akan langsung mengirimkan link untuk mengunduh fail yang berisi arsip cuitan ke alamat email akun Twitter yang terdaftar.

Setelah mempunyai backup-nya, pengguna dapat memulai menghapus cuitan lama di Twitter dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Advanced Search di aplikasi Twitter

Pengguna dapat langsung menuju ke Advanced Search di laman Twitter yang terletak di kolom pencarian. Anda dapat menemukan Advanced Search setelah menekan Search Filter. Setelahnya, tulis kata kunci yang mengandung kata di cuitan yang ingin dihapus.

Selanjutnya, tulis nama akun Twitter pengguna di kolom ‘From these Accounts’. Maka semua unggahan dengan kata kunci yang diketik akan tertera seketika, dan pengguna dapat melakukan bersih-bersih pada cuitan tersebut.

2. Aplikasi gratis bernama Tweet Delete

Jika pengguna merasa terlalu banyak kata kunci yang harus dihapus, pengguna dapat menggunakan aplikasi Tweet Delete untuk menghapus cuitan yang sangat banyak. Aplikasi itu dapat menghapus 3.200 cuitan terakhir dan dapat diatur untuk penghapusan otomatis secara berkala.

Jika anda tidak ingin memunculkan aktivitas penghapusan ini di linimasa, hapus tanda centang di bagian ‘Post to my feed to let my friends know I activated’.