Pada November, YouTube meluncurkan fitur mirip stories yang ada di Snapchat maupun Instagram bernama "Reels".
Kala itu, Reels yang masih dalam uji coba, hanya bisa diakses oleh para konten kreator yang memiliki lebih dari 100.000 subscriber (pelanggan).
Tanpa ada alasan jelas, fitur Reels kini berganti nama menjadi " Stories", sebagaimana aplikasi lain sebelumnya. Fitur ini pertama kali ditemukan bersamaan dengan fitur mode gelap di aplikasi Android beberapa waktu lalu.
Kabar terbaru yang dilansir GSM Arena seiring pergantian nama, sebaran YouTube Stories juga diperluas. Namun, masih belum jelas seberapa banyak pengguna yang bisa menjajal fitur ini.
Format YouTube Stories ini mirip dengan Instagram Stories. Bedanya, jika akun yang baru saja mengunggah Instagram Stories akan dilingkari warna gradasi merah, ungu, dan oranye ala logo Instagram, di YouTube Stories warnanya berubah menjadi merah, menyesuaikan warna logo YouTube.
Seperti di Snapchat dan Instagram, Stories di YouTube nantinya juga akan bisa di-reply. Perlu diingat, fitur ini masih dalam tahap uji coba, sehingga belum semua pengguna YouTube bisa mengakses YouTube Stories.
Jika nantinya sudah meluncur untuk semua pengguna, cara membuat YouTube Stories serupa dengan Instagram Stories. Caranya, ketuk ikon video yang ada di kanan atas, bersebelahan dengan ikon pencarian.
Kemudian, pilih opsi "Story" dan kamera akan terbuka untuk melakukan perekaman. Ketuk dan tahan tombol merah untuk merekam melalui YouTube Stories. Pengguna juga bisa memilih foto dari perangkat dengan mengkik tombol sebelah kiri.
Uniknya, Reels bisa dihias dengan beragam fitur seperti teks yang bisa diubah bentuk font dan warnanya. Jika telah selesai, klik "Post" yang ada di sebelah kanan. Untuk lebih jelasnya, bisa disaksikan dalam video berikut.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "YouTube Sebar Fitur "Stories" Lebih Luas Lagi".