Find Us On Social Media :

Dampak Gempa Lombok Terhadap Jaringan Telekomunikasi di Indonesia

By Adam Rizal, Senin, 6 Agustus 2018 | 14:00 WIB

Ilustrasi Menara BTS

Gempa bumi dengan kekuatan 7 Skala Richter (SR) mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan memporak porandakan beberapa infrastruktur bahkan merenggut korban jiwa.

Gempa bumi itu juga membuat layanan telekomunikasi terkendala dan tidak optimal. Operator telekomunikasi Telkomsel mengatakan bencana gempa bumi membuat layanan komunikasi di wilayah Lombok Utara terputus.

"Akibat gempa di Kawasan Lombok Utara, layanan komunikasi di wilayah sekitar terkendala dan tidak optimal akibat putusnya pasokan listrik," kata Denny Abidin (GM External Corporate Communication Telkomsel) di Jakarta.

Telkomsel pun terus mengupayakan dan memobilisasi genset mobile untuk mengaktifkan Base Transceiver Station (BTS) yang mengalami gangguan tersebut.

"Saat ini Telkomsel memobilisasi genset mobile untuk mengaktifkan BTS yang mengalami gangguan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait percepatan pemulihan pasokan listrik," tutur Denny.

Sementara itu, Indosat Ooredoo memastikan jariangnnya aman pasca gempa di Lombok Utara, NTB. "Saat ini seluruh kondisi jaringan dan team Indosat Ooredoo masih dalam keadaan aman," ujar Deva Rachman (Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo).

"Saat in pasokan listrik dari PLN padam. Berkenaan hal ini, kami terus memantau situasi dan saat ini fokus mengantisipasi keadaan di lapangan terkait kondisi lapangan," imbuhnya.

Tri Wahyuningsih (Group Head Corporate Communication XL Axiata) mengatakan saat XL sedang melakukan pemulihan jaringan telekomunikasi XL di Lombok Utara.

"Sempat terjadi gangguan pada sebagian jaringan XL Axiata di area Lombok Utara disebabkan oleh padamnya pasokan aliran listrik akibat gempa bumi. Saat ini dibantu dengan mobile genset serta aliran listrik yang mulai berangsur hidup kembali, semua tim XL Axiata di lokasi sedang dalam proses penanganan untuk memulihkan seluruh layanan," ujarnya.

"Kami menyampaikan keprihatinan atas bencana dan ketidaknyamanan yang terjadi dan kami juga berharap kondisi di Lombok akan segera pulih kembali," ucapnya.

Gempa 7 SR ini merupakan satu rangkaian dengan gempa 6,4 SR pekan lalu yang berpusat di Lombok Timur.