Find Us On Social Media :

Dukung Dunia Pendidikan, Facebook Buka Perpustakaan Literasi Digital

By Adam Rizal, Senin, 6 Agustus 2018 | 16:30 WIB

Digital Literasi Facebook

Facebook meluncurkan layanan Perpustakaan Literasi Digital berisi materi edukasi untuk institusi pendidikan sebagai bahan ajar.

Dalam blog resminnya, Facebook mengatakan kehadiran Perpusatakaan Literasi Digital dapat membantu anak-anak muda untuk mengembangkan kemampuan dan mengakses teknologi digital dengan cara yang aman.

"Ada 830 juta anak muda di dunia maya di seluruh dunia, perpustakaan ini menjadi sumber bagi para pengajar yang tertarik pada literasi digital," tulis Facebook dalam blognya.

Facebook mengganeng tim Youth and Media di Berkman Klein Center for Internet & Society dari Harvard University dalam mengembangkan materi yang disusun untuk usia 11-18 tahun.

Tema yang dimasukkan dalam materi ajar ini beragam, mulai dari keamanan, data pribadi hingga eksplorasi identitas. Ada 18 materi ajar yang dapat diakses melalui Safety Center Facebook dan Berkman Klein’s Digital Literacy Resource Platform.

"Bahan ajar ini bisa disajikan bersama atau terpisah, di program sekolah atau untuk di rumah, dan dapat dimodifikasi sesuao dengan ide dan pengalaman pengajar," kata Facebook.

Saat ini, materi baru tersedia dalam bahasa Inggris, Facebook berencana menambahnya menjadi 45 bahasa dalam waktu dekat.

Facebook juga akan bekerja sama dengan lembaga nirlaba untuk mengadaptasi materi ini dan menambah materi baru lainnya agar dapat digunakan oleh para pengajar.