Find Us On Social Media :

ASUS ZenScreen MB16AC: Monitor Kedua Notebook yang Mudah Dibawa

By Cakrawala, Selasa, 7 Agustus 2018 | 11:00 WIB

Monitor kedua setidaknya memiliki sejumlah kelebihan. Dengan monitor kedua misalnya Anda bisa mendapatkan area desktop atau area kerja yang lebih luas maupun memudahkan berbagi konsumsi konten dengan orang lain.

Pada PC desktop yang relatif tidak berpindah tempat, menambahkan monitor kedua tentu bisa dilakukan dengan mudah. Namun pada notebook yang selalu berpindah tempat, menambahkan monitor kedua “mensyaratkan” monitor bersangkutan harus turut dibawa berpindah tempat, kecuali tentunya bila di setiap tempat yang dihadiri selalu tersedia monitor tambahan. ASUS ZenScreen MB16AC adalah salah satu monitor portabel yang bisa dibawa dengan lebih mudah.

Hadir dengan bobot 0,78 kg dan dimensi 35,97 x 22,64 x 0,8 cm, ASUS ZenScreen MB16AC layaknya komputer tablet berukuran besar yang cukup mudah dibawa. Meski dengan dudukannya bobot dari monitor 15,6 inci ini menjadi sekitar 1,3 kg, tetapi kombinasi itu masih cukup ringan menyerupai notebook tipis dan ringan.

Port yang dihadirkan oleh ASUS ZenScreen MB16AC untuk koneksi adalah sebuah USB Type-C. Baik data dan daya disuplai melalui port tersebut. Bila notebook Anda belum memiliki port USB Type-C, disediakan adapter. Untuk yang terakhir ini, Anda juga harus menguduh driver-nya terlebih dahulu.

Kualitas gambar yang dihadirkan ASUS ZenScreen MB16AC sendiri secara keseluruhan terbilang oke. Namun, tingkat kecerahan yang ditawarkannya tidak begitu tinggi. Hal tersebut tentu harus diperhatikan bila menggunakan monitor dengan panel IPS ini pada kondisi tertentu.

Disediakan pula tombol pada bodi ASUS ZenScreen MB16AC untuk melakukan berbagai pengaturan, termasuk aneka fitur khas ASUS. Dengan bantuan aplikasi yang bisa diunduh, tampilan dari perangkat ini juga bisa berubah ke portrait secara otomatis.

Bila notebook Anda belum menyediakan port USB Type-C, tersedia adapter untuk menyambungkan ASUS ZenScreen MB16AC ke port USB Standard-A. Jangan lupa menguduh driver-nya.

Kesimpulan

ASUS ZenScreen MB16AC adalah monitor portabel yang ringkas dan praktis. Hal ini membuatnya mudah dibawa-bawa sebagai monitor kedua. ASUS ZenScreen MB16AC cocok untuk yang sering membutuhkan monitor kedua saat menggunakan notebook-nya di berbagai tempat.

Plus: Ringkas, praktis.

Minus: Uniformity kurang oke, tingkat kecerahan kurang tinggi.

Spesifikasi

Ukuran layar 15,6 inci
Jenis panel IPS
Backlight LED
Resolusi 1.920 x 1.080 pixel (16:9) @ 60 Hz
Kedalaman warna per kanal 6 bit
Tingkat kecerahan maksimal 220 cd/m2
Contrast ratio maksimal 800:1
Interface USB Type-C
Fitur lain ASUS Smart Contrast Ratio, Flicker free, Low Blue Light, Trace Free, VividPixel, SPLENDID video preset mode, GamePlus, QuickFit, Auto-rotate
Speaker aktif terintegrasi Tidak
Daya listrik (active/power saving/off) <8/0/0 W
Dimensi (plt) 35,97 x 22,64 x 0,8 cm
Bobot 0,78 kg
Garansi 3 tahun
Situs www.asus.com
Harga Rp4.430.000
Kontak Bintang Mas, (021) 6264750