Find Us On Social Media :

Peluncuran Satelit Merah Putih Akan Berlangsung Siang Hari Ini

By Rafki Fachrizal, Selasa, 7 Agustus 2018 | 11:46 WIB

Beberapa saat lagi, satelit Merah Putih milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan segera diluncurkan dari lokasi peluncuran SpaceX Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat. Peluncuran satelit ini akan ditayangkan secara eksklusif melalui layanan video streaming seperti YouTube dan UseeTV.

Dalam peluncurannya tersebut, Satelit Merah Putih akan membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan.

Dengan mengandalkan platform SSL 1300 dengan usia desain mencapai 16 tahun, proses peluncuran Satelit Merah Putih hari ini diharapkan dapat berjalan lancar hingga menempati slot orbitnya yang berada 108 derajat Bujur Timur.

Diketahui, sebelumnya pembangunan Satelit Merah Putih melibatkan 2 perusahaan asal Amerika Serikat, yaitu SSL (Space Systems Loral) sebagai pabrikan pembuat satelit dan SpaceX sebagai perusahaan penyedia jasa peluncuran satelit.

SSL sendiri adalah perusahaan manufaktur satelit yang ternama dan berhasil menyeselasikan pembangunan Satelit Merah Putih lebih cepat dari jadwal awal. Oh ya, Satelit Merah Putih ini akan diluncurkan menuju slot orbitnya dengan menggunakan Roket Falcon 9 milik SpaceX.

"SpaceX akan segera meluncurkan satelit Merah Putih. Harapan Saya dan tentunya kita semua adalah, agar roket Falcon 9 dapat sukses membawa satelit tersebut ke slot orbit sehingga Satelit Merah Putih bisa menjalankan tugasnya dalam menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, serta mempermudah dan memperluas akses komunikasi bagi seluruh rakyat indonesia,” ucap Rini M. Soemarno selaku Menteri BUMN RI.

Link Youtube Live Streaming Peluncuran Satelit Merah Putih:

https://www.youtube.com/channel/UCB5Gn8s7dun2cchRGWLNKHw