Find Us On Social Media :

Datacomm Luncurkan Solusi Core Digital untuk LKM di Indonesia

By Adam Rizal, Rabu, 8 Agustus 2018 | 06:00 WIB

Datacomm Cloud Business meluncurkan solusi Core Digital Terpadu untuk Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Indonesia

McKinsey Institute mengungkapkan Indonesia memiliki lebih dari 59 juta pelaku UMKM yang telah memberi kontribusi 56 persen dari total perekonomian negara. Tentunya, UMKM tersebut memerlukan dukungan layanan keuangan seperti permodalan.

Karena itu, PT. Datacomm Diangraha (Datacomm) melalui divisi bisnisnya Datacomm Cloud Business meluncurkan solusi Core Digital Terpadu untuk Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Indonesia seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), Koperasi Simpan Pinjam (KSP), dan perusahaan Teknologi Financial (TekFin).

Solusi Core Digital Terpadu merupakan kerja sama Datacomm yang melibatkan IKKAT, Turnkey Lender, InfoConnect, Invision dan Datacomm. Untuk Pusat Data, Datacomm menyediakan Pusat Data yang telah memperoleh sertifikat Rated-3 dan DCOS-4 TIA-942.

Tan Wie Tjin (President Director Datacomm Diangraha) mengatakan Solusi Core Digital dapat membantu LKM untuk melakukan otomatisasi, memperluas, dan mengakselerasikan bisnis tanpa harus dibebani oleh mahalnya belanja investasi (Capital Expediture).

"Para LKM tidak perlu pusing dengan urusan membeli perangkat TI, kesulitan merekrut SDM IY yang terlatih, atau tingginya biaya untuk menambah jaringan kantor cabang," katanya di Jakarta.

"Solusi Core Digital Terpadu dikemas dalam layanan mobile dan berbasis cloud yang reliable, scalable, dan secure. Kami ingin bisnis LKM di Indonesia lebih maju dan berkembang," ucapnya.

Budi Haryanto (Marketing Manager Turnkey Lender) mengatakan, "Kami ingin membantu Lembaga Keuangan Mikro untuk merubah CaPex menjadi OpEx sehingga mereka tidak terbebani biaya investasi yang besar dan bisa fokus menjalankan bisnisnya dengan lebih maksimal."

Solusi Core Digital Terpadu terdiri dari solusi Core Digital Terpadu untuk Lembaga Keuangan Mikro, solusi Otomatis Pemberian Kredit Pinjaman Berbasis Cloud untuk Lembaga Keuangan Mikro dengan Artificial Intelligence (AI) dan Kartu Skor Terpadu.

Kemudian, ada Sistem Informasi Keuangan dan Pengelolaan Dokumen Secara Terpadu yaitu DOCUFLO dan Contact Center Berbasis Internet. Apalagi, solusi Core Digital Terpadu memiliki pusat data dengan sistem Disaster Recovery.

Datacomm telah berinvestasi dalam sertifikasi Pusat Data dengan standar ANSI/TIA-942 sebagai komitmen Datacomm dalam meningkatkan keunggulan kompetitif serta jaminan keamanan untuk memberikan layanan terbaik bagi para pelanggannya.

ANSI/TIA-942 merupakan standarisasi Pusat Data dengan kualitas international. Adapun cakupan dari sertifikasi ini meliputi Architecture, Mechanical, Electrical dan Telecom.

Pusat Data Datacomm telah dinyatakan sudah memenuhi standard Rated 3 TIA-942 Constructed Facilities dan Datacenter Operation Standard level 4 (DCOS-4 Maturity) untuk Service Level Management, Facilities Management, Datacenter Operations, Monitoring/Reporting/Control.