Find Us On Social Media :

Cara "Mendidik" Machine Learning Supaya Hasilkan Informasi yang Akurat

By Adam Rizal, Sabtu, 11 Agustus 2018 | 15:00 WIB

Ilustrasi machine learning

Teknologi Internet of Thing (IoT) akan menjadi tren di masa depan karena dapat menghubungkan antar perangkat teknologi yang makin memudahkan kebutuhan penggunanya.

Tentunya, perangkat-perangkat IoT akan menghasilkan miliaran data yang berfungsi "mendidik" machine learning.

"Data adalah kunci untuk meningkatkan akurasi dan prediksi pembelajaran mesin dan sistem kecerdasan buatan (AI). Kecerdasan sebuah mmachine learning harus didukung oleh banyaknya data," kata Goh Eng Lim (Wakil Presiden dan CTO komputasi kinerja tinggi dan AI Hewlett-Packard Enterprise) seperti dilansir ZDNet.

Lim menegaskan perusahaan tidak boleh fokus volume data tetapi juga kualitas data itu sendiri. Jika organisasi atau perusahaan terlalu sering mengoperasikan data dalam silo, maka departemen sumber daya manusia (SDM) akan menghasilkan data yang tidak terintegrasi dengan data pada tim penjualan. "Untuk membuat prediksi yang lebih baik, sistem machine learning harus dapat menarik data di seluruh perusahaan secara mulus," ujarnya.

Perusahaan harus memastikan data-data memiliki label dan kurasi yang benar sehingga machine learning bisa menghasilkan keputusan yang akurat dan berkualitas.

Gartner memprediksi jumlah perangkat yang terhubung telah melampaui populasi global tahun lalu yang mencapai 8,4 miliar unit dan akan terus naik menjadi 20,4 miliar unit pada 2020.

Karena itu, kata Goh, tidak mungkin menyambungkan semua data ke pusat data untuk dianalisis.

"Anda memerlukan perangkat IoT yang lebih pintar sehingga dapat membuat keputusan cerdas, misalnya, hanya mengirim kembali informasi yang dibutuhkan kembali ke jaringan,” katanya.

Perangkat IoT dapat memastikan apakah data berkualitas tinggi dan harus didorong kembali ke jaringan untuk memfasilitasi pembelajaran mendalam atau untuk memproses pembelajaran dan mengirim kembali hanya yang berisi pengetahuan ketimbang data murni.