Find Us On Social Media :

TP-Link RE450: Wireless Extender dengan Fitur Tiga Antena Besar

By Dayu Akbar, Minggu, 12 Agustus 2018 | 09:00 WIB

Wireless extender/repeater TP-Link RE450 hadir dengan desain bodi yang cukup besar. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan perangkat ini ada baiknya Anda menyediakan sebuah posisi electrical outlet khusus yang tidak menggganggu electrical outlet lain yang ada di sebelahnya. Apalagi perangkat ini juga tidak memiliki electrical outlet yang pass-through.

Tampilan dari TP-Link RE450 tergolong cukup menarik. Bodinya yang besar juga memiliki tiga buah antena eksternal dengan desain yang cukup unik. Ketiga antena yang ada bisa dilipat dan disembunyikan untuk mendapatkan tampilan yang lebih bersih. Namun untuk menghasilkan sinyal yang maksimal, ketiga antenanya tentu direkomendasikan untuk digunakan pada posisi yang normal.

Untuk konfigurasi yang mudah dan cepat, TP-Link RE450 memiliki tombol WPS yang berukuran besar tepat di bagian depannya. Namun jika wireless router Anda tidak memiliki tombol WPS, Anda dapat menghubungkannya ke wireless router bersangkutan dengan menggunakan aplikasi mobile.

TP-Link menyediakan aplikasi TP-Link Tether yang tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi yang juga kompatibel dengan beberapa perangkat jaringan TP-Link lain ini akan memberikan panduan atau wizard untuk membantu Anda melakukan konfigurasi pada perangkat ini.

TP-Link RE450 memiliki dukungan koneksi pita ganda 2,4GHz dan 5GHz. Pada pita 2,4GHz, perangkat ini memiliki kecepatan maksimal sampai 450Mbps. Sementara pada pita 5GHz, TP-Link RE450 mendukung koneksi 802.11ac dengan kecepatan maksimal 1.300Mbps. Tidak terjadi penurunan kecepatan yang signifikan saat menggunakannya jika dibandingkan dengan koneksi langsung ke wireless router. Pada pita 2,4GHz kami mendapatkan kecepatan rata-rata sekitar 74,2Mbps, sedangkan pada 5 GHz kecepatan rata-ratanya sekitar 162,2Mbps.

Aplikasi TP-Link Tether untuk Android dan iOS bisa digunakan untuk melakukan konfigurasi pada perangkat ini.

Kesimpulan

TP-Link RE450 bisa Anda jadikan sebagai sebuah pilihan untuk membantu memperluas jaringan nirkabel. Selain mendukung koneksi nirkabel pita ganda dengan kecepatan tinggi, perangkat ini juga menawarkan kemudahan konfigurasi melalui aplikasi pada smartphone. (I.Setiawan)

Plus: Kinerja bagus, ada aplikasi mobile.

Minus: Bodi besar, tanpa AC pass-through.

Spesifikasi

Standar 802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor 1 x LAN 1 Gbps
Mode operasi Wireless extender
Kecepatan transfer data 450 Mbps (2,4 GHz) + 1.300 Mbps (5 GHz)
Kelengkapan Manual, kabel LAN
Garansi 1 tahun
Situs www.tp-link.co.id
Harga kisaran Rp900.000