Setelah Google, Facebook selama ini menjadi situs dengan traffic terbesar kedua di Amerika Serikat, lalu YouTube duduk di urutan ketiga. Namun urutan tersebut mungkin akan berubah dalam waktu dekat.
Setidaknya begitulah menurut sebuah studi yang dilakukan firma riset pasar SimilarWeb. Dalam laporannya, SimilarWeb mencatat Facebook mengalami sejumlah besar penurunan trafik bulanan dalam dua tahun terakhir, dari 8,5 miliar kunjungan menjadi hanya 4,7 miliar.
Meski aplikasi mobile Facebook sebenarnya mengalami pertumbuhan, hal itu tak cukup untuk mengerem jatuhnya traffic sang jejaring sosial secara keseluruhan.
Sementara itu, penyedia layanan video sharing YouTube cenderung mengalami pertumbuhan traffic, di samping viewship melalui aplikasi.
Apabila tren ini terus berlanjut, boleh jadi YouTube akan melengeserkan Facebook dari posisi kedua situs dengan trafik terbanyak di Negeri Paman Sam. Meski demikian, sebagaimana dirangkum CNBC.
Facebook masih memiliki produk-produk populer lain. Trafik empat situs terpopuler di Amerika Serikat (selain Google di urutan pertama) hingga bulan Juli 2018 menurut laporan SimilarWeb.
“Mereka (Facebook) mendapat pertumbuhan dari bagian lain dalam portfolio, seperti Instagram dan Messenger. Pengguna Instagram, misalnya, kini menghabiskan waktu 56 menit tiap hari untuk membuka aplikasi itu, dibanding 27 menit yang tercatat hanya setahun lalu,” tulis Chief of Insight SimilarWeb Stephen Kraus dalam laporannya.
Selain Facebook dan YouTube, Amazon dan Yahoo juga berdekatan dalam hal traffic internet dan telah bertukar posisi lantaran trafik Yahoo yang terus menurun hingga sekarang menduduki urutan kelima.
Meski Facebook, YouTube, Amazon, dan Yahoo saling menyalip, tak ada satupun dari mereka yang mampu mendekati Google. Situs raksasa internet ini mencatat angka traffic sebesar 15 miliar, jauh lebih tinggi dari situs lainnya di daftar 5 besar yang paling banter mencatat kunjungan di bawah 5 miliar.
Di Indonesia, menurut laman SimilarWeb, urutan situs terpopuler kurang lebih mirip dengan di AS, hanya saja tanpa Yahoo dan Amazon.
Google.com dan Google.co.id duduk di dua urutan teratas, disusul Facebook dan YouTube secara berturut-turut.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "YouTube Tinggal Selangkah Lagi Salip Facebook"