Find Us On Social Media :

Startup Unicorn Indonesia Ramai-ramai Investasi di PasarPolis

By Adam Rizal, Minggu, 12 Agustus 2018 | 17:00 WIB

PasarPolis

Deretan startup Unicorn di Indonesia Gojek, Traveloka, dan Tokopedia menanamkan investasi ke perusahaan teknologi penyedia asuransi, PasarPolis.

"Dengan Gojek, Tokopedia, dan Traveloka baik kerja sama strategis maupun investasi, walaupun kami tidak bisa disclose angkanya tapi kami sangat selektif memilih partner di pasarpolis," kata Cleosent Randing (Founder dan CEO PasarPolis) saat konferensi pers, di Jakarta.

Isu investasi ke PasarPolis sempat mencuat pada awal tahun ini. Deal Street Asia menulis setidaknya ketiga perusahaan raksasa itu mengucurkan dana segar USD5-8 juta atau (Rp72,4-115,8 miliar) kepada PasarPolis.

Cleosent mengatakan PasarPolis juga menjalin kerjasama dengan ketiga perusahaan unicorn tersebut dengan memberikan layanan asuransi kepada para penggunanya.

"Kerja sama ini bisa menghadirkan layanan asuransi untuk banyak orang," lanjutnya.

Cleosent mengatakan saat ini layanan asuransi PasarPolis digunakan oleh 300 ribu pengemudi Gojek. Kerjasama PasarPolis dengan Traveloka adalah untuk menyediakan layanan asuransi perjalanan dan kerjasama dengan Tokopedia memberikan layanan asuransi bagi penjual dan pembeli di platform tersebut.

Berdiri 2015, PasarPolis memulai usahanya sebagai situs untuk membandingkan produk-produk asuransi. Saat ini, PasarPolis menyediakan layanan asuransi sendiri dengan menawarkan solusi asuransi mulai dari Rp7.000 per bulan.

PasarPolis menggunakan perhitungan teknologi big data dan algoritma gabungan. Proses klaim polis asuransi di PasarPolis pun bisa berlangsung cepat, tak seperti layanan asuransi konvensional.

Model bisnis PasarPolis ini menyerupai layanan sejenis di China, ZhongAn. Perusahaan tersebut menjadi perusahaan asuransi online pertama di Tiongkok.

ZhongAn menjual berbagai layanan asuransi dan penanganan klaim. Perusahaan itu mendapat investasi dari Financial, Tencent and Ping An.