Find Us On Social Media :

Teknologi AI Google ini Bisa Deteksi Penyakit Mata dengan Akurat

By Adam Rizal, Senin, 20 Agustus 2018 | 14:00 WIB

Ilustrasi DeepMind AI

Perusahaan kecerdasan buatan (AI) Google, DeepMind mengembangkan pemindai retina 3D berbasis AI yang dapat mendeteksi lebih dari 50 tipe penyakit mata.

Pengumuman hasil riset DeepMind itu bersama dengan salah satu peresmian pusat pengobatan mata terkenal di London, Moorfields Eye Hospital.

Mustafa Suleyman (co-founder DeepMind) mengatakan teknologi AI Deep Mind memiliki kemampuan mendeteksi penyakit mata dengan akurat, setara dengan kemampuan dokter ahli ketika mendeteksi penyakit mata diabetes dan degradasi makula.

"AI DeepMind juga dapat memberikan rekomendasi penangan terbaik termasuk pengobatan pasien supaya segera pulih," katanya seperti dikutip Business Insider.

Suleyman mengatakan teknologi AI DeepMind memiliki kemampuan untuk meningkatkan kepercayaan dokter dengan rekomendasinya.

Cara kerjanya, teknologi AI Deep Mind akan memberikan label piksel pada pemindai mata jika ditemukan tanda penyakit tertentu. Kemudian, teknologi itu akan menghitung kebenarannya dalam mendeteksi penyakit dengan persentase skor.

Jika rumah sakit di Inggris mengadopsi teknologi AI DeepMind, DeepMind akan akan memberikan layanan gratis selama 5 tahun kepada pasien.

Sebelumnya, Dokter mata di Inggris telah memberikan peringatan selama betahun-tahun kepada para pasien bahwa mereka berisiko kehilangan pengelihatan karena pihaknya kewalahan melayani permintaan pemindaian mata.

Dengan pemindai mata berteknologi AI, proses pemindaian akan lebih cepat dan mudah dilakukan. AI DeepMind telah dilatih dengan database hampir 15.000 pemindaian mata dengan identifikasi informasi yang berbeda-beda.